Sukses

Jangan Dibuang Dulu, 10 Bagian Buah dan Sayur Ini Punya Manfaat Tak Terduga

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi memang sangat baik. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari makanan yang dikonsumsi untuk kelangsungan kesehatan tubuh. Biasanya, makanan yang kaya akan nutrisi terdapat pada bagian daging buah atau sayuran.

Misalnya saja buah-buahan. Tak jarang orang hanya mengonsumsi dagingnya saja dan membuang kulitnya. Padahal, tak hanya daging pada buah saja yang memiliki nutrisi baik. Pada kulit buah juga memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Reader's Digest beberapa bagian buah dan sayur yang ternyata punya manfaat tak terduga, Selasa (19/2/2019).

2 dari 6 halaman

Kulit Jeruk dan Kulit Pisang

1. Kulit Jeruk

Menurut Lauren Popeck RD dari Orlando Health Physician Group, terdapat manfaat yang baik pada kulit jeruk. Kamu bisa menggunakan sisa jeruk yang telah dipakai sarinya, dan memanfaatkan kulitnya sebagai penghias masakan. Hal ini akan memberikan cita rasa yang enak.

Selain itu, kandungan pada kulit jeruk lebih besar daripada dagingnya. Kulit jeruk memiliki vitamin C lima kali lebih banyak dibandingkan dagingnya, dan mineral penting lainnya.

2. Kulit Pisang

Selain dagingnya yang mengandung triptofan, untuk mengingkatkan hormon kebahagiaan, ternyata ada juga manfaat dari kulit pisang. Kamu bisa menggunakan kulit pisang untuk pengobatan. Caranya, cukup potong dan panggang pisang dengan kulitnya.

3 dari 6 halaman

Kulit Semangka dan Batang Brokoli

3. Kulit Semangka dan Bijinya

Tak hanya bagian daging semangka saja yang enak untuk dikonsumsi. Kulit dan biji pada semangka ternyata memiliki manfaat lain. Bagian putih pada semangka, daripada disisakan, alangkah baiknya kamu konsumsi juga.

Pada bagian putih ini banyak mengandung asam amino citrulline, yang membantu untuk meningkatkan sirkulasi, meningkatkan aliran darah, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

4. Batang Brokoli

Jangan membuang batang brokoli. Ya, karena tak hanya bagian kepala brokoli saja yang mengandung nutrisi. Ternyata batang brokoli juga mengandung nutrisi yang mampu melindungi sel kerusakan DNA, menonaktifkan karsinogen, dan menghambat pembentukan pembuluh darah.

Kamu bisa memakannya dengan mengupas batang terlebih dahulu, bersihkan, dan masak sesuai selera seperti dikukus, dipanggang, atau menumisnya.

4 dari 6 halaman

Inti Nanas dan Bagian Atas Wortel

5. Inti Nanas

Terdapat banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalam inti nanas. Untuk memanfaatkan inti nanas, cukup dengan memotong dan tambahkan buah-buahan lainnya untuk dijadikan salad. Manfaat dari inti nanas ini sendiri adalah untuk mengurangi peradangan pada hidung dan sinus, dapat juga mengurangi radang sendi dan nyeri otot.

6. Bagian Atas Wortel

Jangan buang bagian atas wortel. Ternyata bagian ini benar-benar aman untuk dimakan, dan itu membuat pengganti ramuan yang baik untuk hidangan apapun.

5 dari 6 halaman

Kulit Bawang dan Daun Seledri

7. Kulit Bawang

Terdapat kandungan yang tinggi pada kulit bawang. Ada quercetin, sejenis fitonutrien flavonoid polifenol yang mampu melawan peradangan, mengurangi tekanan darah, mencegah plak arteri, dan menjaga jantung tetap sehat.

Tambahkan seluruh bagian bawang (bawah merah lebih dianjurkan) ke sup, kaldu, cabai, atau saus, lalu buang kulitnya sebelum dimakan.

8. Daun Seledri

Tak hanya sebagai penghias makanan, daun seledri ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal itu karena daun seledri mengandung magnesium, kalsium, dan vitamin C.

6 dari 6 halaman

Kulit Kiwi dan Bonggol Jagung

9. Kulit Kiwi

Ternyata, kulit kiwi juga bisa dimakan dan sangat bagus untuk kesehatan. Mirip dengan kulit jeruk, kulit kiwi mengandung banyak vitamin C. Tentu saja, kulit kasar dan gatal itu tidak cocok untuk semua orang. Jadi jika kamu tidak menyukai teksturnya, cobalah menambahkan kiwi utuh ke dalam smoothie.

10. Bonggol Jagung dan Sekam

Kamu bisa meanfaatkan bonggol jagung dengan cara dipanggang dengan garam, dan membuatnya menjadi kaldu jagung. Bagian jagung lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah sekamnya. Cukup keringkan sekam jagung di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Kamu akan mendapatkan pembungkus yang sempurna untuk tamale, makanan tradisional Amerika Tengah.