Sukses

5 Penyebab Perceraian yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?

Ada 5 hal yang menjadi penyebab perceraian, salah satunya soal finansial. Apa saja yang lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kehidupan rumah tangga tak lepas dari berbagai persoalan. Masalah dan konflik yang hadir bisa jadi bagian dari proses pendewasaan bersama pasangan. Namun, adakalanya masalah tertentu bisa memicu perceraian, meskipun pada awalnya mereka saling mencintai.

Dilansir dari liveabout.com, Senin, 11 Februari 2019, ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan perceraian. Berikut lima di antaranya.

Finansial

Persoalan finansial menjadi salah satu penyebab terjadinya perceraian. Semua urusan terkait keungan, seperti penghasilan, tagihan, utang, cicilan, hingga kebiasaan belanja, ada baiknya dibicarakan bersama. Jika tak dibicarakan dengan baik, maka bisa memicu timbulnya perceraian.

Anak

Selain finansial, hal lain yang juga sangat penting dalam berumah tangga adalah masalah anak yang tak bisa dianggap sepele. Mulai dari keinginan memiliki momongan, pola pengasuhan, pembagian peran dan tugas, dan lainnya. Jika persoalan anak tak diselesaikan dengan baik, maka persoalan bisa menjadi hal yang serius.

Seks

Ketidaknyamanan atau ketidakpuasan dalam hubungan seks bisa mengurangi keintiman. Kalau tidak ada komunikasi yang jujur dan terbuka soal seks, masalah yang ada bisa berlarut-larut dan menghapuskan rasa cinta yang sempat dibangun. Artinya, kehidupan seksual bisa memengaruhi keharmonisan hubungan rumah tangga.

Waktu Berdua

Rutinitas yang terlalu padat sampai membuat intensitas berduaan jadi makin jarang. Akibatnya muncul perasaan asing satu sama lain. Pernikahan tak lagi diselimuti rasa cinta. Segalanya terasa hambar. Jika hal ini tak segera diatasi, ikatan pernikahan bisa makin renggang dan tak ada lagi rasa peduli untuk mempertahankan cinta yang ada.

Berbagi Peran

Pekerjaan rumah tangga yang kelihatan sepele, tapi bila tak dilakukan secara baik bisa menimbulkan masalah. Apalagi, kalau saling menuduh dan menyalahkan atas pekerjaan rumah tangga yang tak pernah selesai, perasaan yang sudah terluka dan tersinggung bisa menjadi pemicu terjadinya perceraian. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.