Sukses

Langkah Seniman Muda Indonesia Menuju Broadway Makin Dekat

Tak hanya awam, audisi Indonesia Menuju Broadway juga diikuti lulusan ajang pencarian bakat dan pemain film yang jadi nominasi maupun sudah memenangkan Piala Citra.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui program Ruang Kreatif, Bakti Budaya Djarum Foundation bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, mempersembahkan “Indonesia Menuju Broadway” yang diperuntukan bagi para seniman muda berbakat di Indonesia.

Program ini merupakan beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapat ilmu panggung berstandar broadway. "Program ini juga memberi peluang bagi para aktor dan aktris seni pertunjukan Indonesia agar dapat merasakan pelatihan ala Broadway," kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.combaru-baru ini.

"Juga, sebagai kesempatan untuk dapat mengikuti audisi di New York, kemudian jadi salah satu pemeran broadway dan membawa nama harum Indonesia ke kancah internasional,” tutur Renitasari menambahkan.

Sebanyak 672 peserta mendaftar melalui www.indonesiakaya.com pada 10-28 Januari 2019. Dari jumlah tersebut, terpilih sekitar 243 peserta untuk mengikuti proses audisi bersama para juri, yakni Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura.

Dari 243 peserta terpilih 66 persen perempuan dan 34 persen laki-laki dengan jangkauan usia 10-15 tahun sebanyak 18 persen, 16-22 tahun 35 persen, dan 23-32 tahun sebanyak 47 persen.

Peserta yang mengikuti audisi "Indonesia Menuju Broadway" sangat beragam, mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Audisi Indonesia Menuju Broadway

Ada tiga tahapan yang harus dilewati para peserta di audisi "Indonesia Menuju Broadway", yaitu menari, menyanyi, dan akting. Pada tahap pertama, satu kelompok berisi 10-15 peserta akan diajarkan satu tarian yang dikoreografikan Ufa Sofura, kemudian ditampilkan di hadapan para juri.

Lalu, masing-masing peserta menunjukkan kebolehan menyanyi diiringi piano dengan pilihan lagu yang telah diberikan sesuai kategori umur. Terakhir, yang harus dilalui adalah akting, di mana para peserta diberi naskah dan dipentaskan langsung di hadapan para juri.

"Selama dua hari ini, kami banyak sekali menyaksikan seniman-seniman muda yang memiliki potensi di bidang seni pertunjukan, khususnya musikal teater. Proses seleksi ini menantang para seniman muda Indonesia untuk menampilkan bakat dan memberikan hasil yang terbaik di hadapan para juri," ujar Garin Nugroho, salah satu juri audisi Indonesia Menuju Broadway.

Audisi yang dilakukan pada 3- 4 Februari 2019 di Balai Resital Kertanegara ini memilih 70 orang yang berkesempatan mengikuti program pelatihan bersama pengajar dari StudentsLive – Passport to Broadway pada 20–24 Februari 2019 di Jakarta.

Puluhan peserta yang lolos audisi akan diberi pelatihan menari, bernyanyi, dan akting sesuai kurikulum musikal dan teater Broadway. Selama lima hari, para peserta akan mendapat kesempatan eksklusif untuk bekerja dengan tim Broadway, mulai dari sutradara, direktur musik, koreografer, dan tim produksi StudentsLive - Passport to Broadway.

Nantinya, hanya akan ada 10 orang terpilih yang berkesempatan diberangkatkan ke New York untuk mendapatkan pelatihan lebih lanjut tentang musikal teater khas Broadway pada Juli 2019 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.