Sukses

5 Tanaman yang Ampuh Usir Nyamuk Pembawa DBD

Cara penanaman dan perawatannya pun mudah, cocok dengan iklim Indonesia yang hangat.

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali membawa korban di awal tahun ini. Musim hujan yang sedang berlangsung memang sering membuat nyamuk aedes aegypti datang dan membawa penyakit DBD.

Tidak hanya di luar rumah, nyamuk aedes aegypti bisa ditemukan di lingkungan rumah. Malahan nyamuk ini bisa bersarang di dalam rumah apabila kita tidak merawat rumah dengan baik dan menjaga kebersihannya.

Menjaga rumah dari nyamuk aedes aegypti bisa dilakukan dengan menanam tanaman penangkal nyamuk. Dilansir dari gardendesign.com, Rabu, 30 Januari 2019, ada lima tanaman rumah yang bisa ditanam untuk menghindari nyamuk datang ke rumah Anda.

1. Lavender

Wangi bunga lavender yang harum berasal dari minyak yang ditemukan di daunnya. Wanginya inilah yang bisa menyangkal nyamuk dan serangga lain datang ke rumah Anda. Tidak hanya itu, tanaman berwarna ungu ini bisa bertahan di segala musim dan perawatannya hanya membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup.

2. Rumput Serai (Citronella)

Tanaman ini dikenal dengan aromanya yang unik seperti lemon sehingga sering digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk. Malahan, tanaman ini dikenal efektif dalam mengusir serangga-serangga lainnya. Tanaman ini bisa ditanam di halaman rumah Anda sebab rumput serai membutuhkan daerah dengan sinar matahari yang cukup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Catnip

Tanaman catnip ini sangat mudah dirawat dan bisa bertahan di mana saja. Tak hanya itu, tanaman ini bisa mengusir nyamuk lebih efektif daripada racun nyamuk DEET menurut hasil penelitian dari Iowa State University. Hanya saja, bila Anda memelihara kucing, pastikan kucing Anda bisa terhindar dari tanaman ini karena bisa membuat kucing menjadi lebih agresif, dilansir dari laman kucingkita.com.

4. Bunga Geranium

Bunga yang cantik ini menjadi bunga paling populer sebagai pengusir nyamuk. Pilihlah bunga geranium yang beraroma lemon yang kuat, sebab aroma ini pasti akan mengusir nyamuk secara efektif. Tanaman ini sangat menyukai lingkungan yang hangat dan tropis seperti Indonesia.

5. Rosemary

Tanaman ini juga ampuh dan direkomendasikan New York Botanical Garden sebagai tanaman pengusir nyamuk. Wanginya yang seperti kayu mampu membuat nyamuk pergi dari rumah Anda. Tanaman yang mampu bertahan di cuaca hangat ini juga bisa menjadi dekorasi di rumah Anda, sehingga nyamuk yang bersarang di ruangan pun bisa segera pergi. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.