Sukses

Perbedaan Visi dan Misi yang Perlu Kamu ketahui, Biar Nggak Keliru Jika Ditanya

Visi dan misi ternyata memiliki pengertian yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Kamu mungkin sering mendengar dan menggunakan istilah visi dan misi, baik ketika di sekolah, di kampus atau sedang melihat kampanye petugas partai yang sedang ber-orasi di panggungnya.

Biasanya visi dan misi ini disampaikan untuk mengambarkan rencana yang akan menjadi tujuan sebuah instasi maupun kepentingan seseorang ke depannya. Biasanya mereka memiliki gagasan mengenai target-target jangka pendek dan target jangka panjang.

Namun apa perbedaan visi dan misi itu? Sering kali kamu keliru dan susah memberikan perbedaan visi dan misi jika ada yang bertanya kepada kita. Terkadang juga masih kebingungan dan belum mengerti secara benar apa arti dan maknanya.

Secara logika memang tidak mudah untuk dalam menentukan perbedaan visi dan misi apalagi bagi kita yang belum paham perbedaan makna kata perkatanya. Susah memang, namun pada dasarnya visi dan misi merupakan sesuatu yang berbeda namun masih berada dalam satu kesatuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Visi

Arti kata visi: Visi itu lebih berorientasi ke depan

Perbedaan visi dan misi yang pertama yaitu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) visi bermakna kepada penglihatan; pengamatan, kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan. Secara umum visi itu merupakan serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah keinginan sekelompok orang atau secara pribadi dengan pandangan yang jauh ke masa depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Pada dasarnya visi dijadikan sebagai panutan gambaran akan situasi dan karakteristik mengenai arah kemana tujuan perjalanan selanjutnya. Sehingga dengan adanya visi bisa menjadi alarm untuk selalu mampu eksis, antisipatif dan inovatif.

Visi itu dapat berubah dan berkembang sesuai pengaruh dan perkembangan zaman yang tidak bisa diprediksi kedepannya. Oleh karena itu visi sering kali tidak ditulis secara detail, namun digambarkan menerangkan detail gambaran sistem yang menjadi tujuannya. Oleh karena itu ada beberapa syarat sebuah kata atau kalimat bisa dikatakan memenuhi kriteria visi yaitu tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini, berorientasi ke depan dan mengekspresikan kreativitas dan berdasarkan pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

3 dari 5 halaman

Pengertian Misi

Makna kata misi: Misi lebih fokus ke bagaimana langkah-langkah demi mencapai visi yang sudah ditentukan

What be believe we can do atau apa yang bisa dipercaya, akan bisa kita lakukan. Itulah perbedaan Perbedaan visi dan misi jika di artikan secara harafiah. Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat. Misi itu ibarat langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha nyata dalam memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Dengan kata lain, arti misi adalah prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang menjadi landasan untuk memberi petunjuk garis besar dalam mewujudkan sebuah visi. Walaupun perbedaan visi dan misi cukup membuat kita bingung, namun misi dan visi merupakan suatu kesatuan yang harus seiring sejalan. Jadi dapat disimpulkan bahwa misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran, apa, mengapa dan bagaimana demi merangsang adanya pencapaian visi utama.

4 dari 5 halaman

Perbedaan visi dan misi

1. Visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan.

Misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.

2. Visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan.

Misi adalah Penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.

3. Visi terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya.

Misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan. Biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi.

4. Visi lebih bersifat jangka panjang.

Misi dapat dilakukan segera dan secepatnya.

5. Visi dibuat untuk masa depan dan bersifat secara umum.

Misi dibuat untuk masa kini atau saat ini dan bersifat lebih detail atau khusus.

Jadi, dapat disimpulkan perbedaan visi dan misi adalah bayangan dan cara kita melihat gambaran suatu tujuan pada masa depan, sedangkan misi adalah cara dan langkah langkah yang bisa kita lakukan saat ini juga demi mewujudkan visi yang sudah kita rencanakan.

5 dari 5 halaman

Contoh visi dan misi yang bisa kamu pahami

Pertamina

Visi: Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia

Misi: Menjalankan Usaha Minyak, Gas, Serta Energi Baru dan Terbarukan Secara Terintegrasi, Berdasarkan Prinsip-Prinsip Komersial Yang Kuat.

Pertamina memiliki tata nilai sebagai komitmen perusahaan untuk mewujudkan visi dan misinya berdasarkan standar global dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Nilai-nilai Pertamina disebut dengan 6C, terdiri dari Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable.

 

Reporter: Heri Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.