Sukses

6 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Monas, dari Wisata Sampai Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu objek wisata yang terkenal di Jakarta adalah Monumen Nasional atau biasa disebut Monas. Tempat ini sering disebut sebagai ikon kota Jakarta. Monas yang sudah dibuka sejak 1975 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama saat hari libur.

Di sini Anda bisa menikmati banyak jenis wisata dan bahan edukasi. Berbagai acara juga sering digelar di tempat yang berlokasi di Jakarta Pusat ini, termasuk saat perayaan Tahun Baru 2019 yang meriah dan dipadati banyak pengunjung.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Monas. Dilansir dari laman Jakarta Tourism dan Museum Jakarta, setidaknya ada enam aktvitas yang bisa Anda lakukan di kawasan Monas.

Melihat Gedung Pencakar Langit

Naik ke puncak Monas dengan menggunakan lift termasuk banyak diminati pengunjung. Dari puncak Monas, Anda bisa melihat gedung-gedung pencakar langit di kota Jakarta melalui beberapa teropong yang tersedia.

Bahkan kalau udara cerah, pengunjung bisa melihat Gunung Salak di Jawa Barat maupun Laut Jawa dengan Kepulauan Seribu. Pelataran puncak Monas berukuran 11×11 meter, dan dapat menampung 50 orang. Ada dua jam buka, siang dan malam dengan antrean dibatasi. 

Wisata Edukasi

Di bagian bawah Monas ada Museum Nasional yang sangat luas dan bisa jadi kawasan wisata edukasi. Museum ini menampilkan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Luas dari museum ini adalah 80x80 meter persegi. Pada keempat sisi museum terdapat 12 diorama (jendela peragaan) yang menampilkan sejarah Indonesia dari jaman kerajaan-kerajaan nenek moyang Bangsa Indonesia sampai G30S PKI.

2 dari 3 halaman

Air Mancur Menari

Di Taman Monas, kita bisa menyasikan pertunjukan air mancur menari Biasanya pertunjukan ini dilakukan pada Sabtu malam dan Minggu malam. Jam pertunjukan ada dua, pukul 19.30 dan pukul 20.30 WIB. Lama setiap sesi pertunjuan kurang lebih 20-30 menit.

Khusus menyambut tahun baru, air mancur menari bisa kita saksikan pada Senin, 31 Desember 2018 pada jam 19.45-20.00 WIB. Dalam setiap sesi, pertunjukan air mancur menari akan diiringi beberapa lagu nasional dan daerah.

Naik Kereta Wisata

Kalau merasa lelah berjalan kaki, Anda bisa naik kereta wisata di Monas. Kereta warna kuning dan merah ini memang banyak diminati para pengunjung Mereka Wisatawan rela antre demi diantar bolak balik menuju Monas.

Selain gratis, dengan menumpangi kereta ini kita tidak perlu membuang energi untuk berpanas-panasan jalan kaki. Anda hanya tinggal menunjukkan karcis masuk Monas yang dibeli di loket bagian dasar monumen untuk bisa naik kereta wisata ini. Kereta ini biasanya menurunkan dan menaikkan pengunjung tiap 10 menit sekali.

3 dari 3 halaman

Wisata Kuliner

Kalau ingin mengisi perut, Anda tak usah khawatir karena banyak pilihan kuliner di kawasan Monas. Anda bisa menikmati wisata kuliner di pedagang makanan kaki lima atau di area Lenggang Jakarta. Di area terpadu ini, Anda bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas Indonesia.

Jenisnya juga cukup beragam mulai dari nasi timbel, soto betawi, sate madura, pecel lele, ayam taliwang, dan masih banyak lagi.Selain bisa melepas haus dan lapar sambil beristirahat, di Lenggang Jakarta juga terdapat tempat yang menjual berbagai pilihan oleh-oleh ataupun cindera mata.

Berolahraga

Anda juga bisa menghilangkan rasa jenuh dengan menikmati Taman Monas, yaitu sebuah hutan kota yang dirancang dengan taman yang indah. Di taman ini Anda dapat bermain bersama kawanan rusa yang sengaja didatangkan dari Istana Bogor.

Selain itu Anda juga dapat berolahraga di taman ini bersama teman maupun keluarga. Di taman ini juga disediakan beberapa lapangan futsal dan basket yang bisa digunakan siapapun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tunangan, Katy Perry dan Orlando Bloom Unggah Foto Kembar

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Meski Hujan, Warga Tetap Antusias Rayakan Tahun Baru di Monas
Artikel Selanjutnya
16 Ruas Jalan Ditutup Polisi Jelang Tahun Baru 2019