Sukses

Meski Hujan, Warga Tetap Antusias Rayakan Tahun Baru di Monas

Liputan6.com, Jakarta - Hujan mengguyur kawasan Monas, Jakarta Pusat, yang menjadi salah satu tempat perayaan malam pergantian tahun. Meski hujan, namun tak menyurutkan antusiasme warga datang ke Monas.

Bukan hanya pengunjung Monas saja, tapi para pedagang kaki lima pun juga ikut memadati Monas. Baik di bagian dalam Monas maupun bagian luar Monas.

Pantauan merdeka.com, banyak para pengunjung yang nekat merayakan pergantian tahun di Monas dalam keadaan hujan sambil membawa anak-anaknya mereka.

Misalnya Rani, seorang warga Bekasi yang rela datang bersama dengan suami dan anaknya ke Monas. Meski hujan, ia tetap ingin melihat kembang api di Monas.

"Saya dari sore sudah di Monas, tadi sempet neduh dulu di situ (pos penjagaan dalam monas). Soalnya ujannya lumayan. Kami sengaja masih di sini soalnya mau rayain tahun baru di Monas mas sama banyak orang," kata Rani di lokasi, Jakarta, Senin (31/12/2018).

Sementara hal serupa juga diutarakan oleh Juri, yang merupakan seorang pedagang kopi keliling. Ia mengaku, tetap harus jualan meski air hujan membasahi tubuhnya.

"Namanya juga jualan, mau panas mau hujan kan tetep jualan. Apalagi lagi rame orang ini pada mau ngerayain tahun baru," ujar Juri.

Meski banyak pengunjung, harga minuman tetap ia jual seperti hari biasanya. Juri pun tak menaikan harga dagangan.

"Tetep aja kalau harga mah sama aja. Banyak orang juga ini, jarang ada yang beli juga, soalnya banyak pedagang juga sih," ungkapnya.

Sampai saat ini, hujan masih mengguyur di sekitaran Monas. Warga tetap ramai berdatangan ke Monas. Untuk melindungi dari guyuran hujan Mereka terlihat mengenakan payung, tikar atau penutup kepala.

 

2 dari 2 halaman

Dikawal 20 Ribu Pasukan

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis memimpin apel pengamanan malam tahun baru 2019 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (31/12/2018). Dalam apel ini, Kapolda didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto.

Idham mengatakan sebanyak 20 ribu personel gabungan siap diturunkan di beberapa lokasi untuk mengamankan pergantian tahun. 

"Pembagian konsentrasi massa yang kita perkirakan seperti tahun lalu ada di Ancol. Tadi pagi kita ambil apel konsolidasi di sana, saat ini di Monas, terus di Bundaran HI, Taman Mini kemudian Ragunan, dan satu lagi ice BSD," kata Idham di Monas.

Idham berharap masyarakat bisa merayakan malam tahun baru dengan tertib. Dia pun mengajak masyarakat untuk melapor apabila menemukan tindak kejahatan saat malam pergantian tahun. 

"Kita siapkan Tim mengantisipasi semua ini. Misalnya, kalau di Kampung Pulo kita sudah ada satgas. Biasanya kalau ujan di sana terjadi air naik. Nah di sana sudah ada anggota kita yang jaga," ujar Idham. 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: