Sukses

5 Lokasi Wisata di Banten di Luar Pantai yang Patut Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta – Banten memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menarik untuk dikunjungi. Pasca-tsunami yang melanda Selat Sunda baru-baru ini, wisata Banten pun ikut terkoyak.

Di luar pantai, sebenarnya Banten masih punya destinasi wisata yang juga menarik untuk disinggahi. Seperti museum, masjid, dan pesona alam.

Masjid Agung Banten

Masjid ini berlokasi di Desa Banten Lama yang berjarak 10 kilometer sebelah utara Kota Serang. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Hasanuddin, putra pertama Sunan Gunung Jati.

Atap bangunan utamanya bertumpuk lima dan memiliki dua serambi, di sisi utara dan selatan. Di sebelah timur terdapat menara yang memiliki ketinggian lebih dari 24 meter yang terbuat dari bata. Kini, alun-alun Masjid Agung Kesultanan Banten lantainya telah dipasangi marmer dan diberi payung besar seperti di Masjid Nabawi.

Museum Negeri Banten

Museum Negeri Banten terletak di Jalan Brigjen KH Samun No. 5, Kotabaru, Kota Serang. Untuk memasuki museum ini tidak dikenakan karcis masuk atau gratis. Museum Negeri Banten menampilkan koleksi budaya dan alam. Ada pula informasi tentang debus.

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Museum ini berada di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Serang, Banten. Berjarak hanya beberapa puluh meter dari Masjid Agung Banten, berseberangan dengan reruntuhan Istana Surosowan.

Museum ini didirikan pada 1984, dan peresmiannya dilakukan pada 15 Juli 1985. Selain benda arkeologi, museum ini juga menyimpan mata uang lama, peninggalan etnik, serta keramik.

2 dari 2 halaman

Desa Adat Baduy

Desa Adat Baduy juga menarik untuk dikunjungi. Letaknya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Desa yang masih memegang teguh adat istiadatnya ini ramai dikunjungi wisatawan.

Selain keindahan alamnya, mereka juga melihat aktivitas penduduk Baduy dengan kearifan lokalnya. Mereka memelihara alam dengan baik, termasuk melarang membuang sampah sembarangan.

Rumah Hutan Cilowong

Lokasi wisata ini berada di Kampung Cidampit, Desa Bojong, Kecamatan Cilowong, Kabupaten Serang, Banten. Lokasi ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan.

Rumah pohon yang letaknya berada di tengah hutan. Beberapa fasilitas yang ada di lokasi ini di antaranya pondok-pondok, lumbung padi, perpustakaan, lapangan badminton, kandang ayam dan kambing.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading