Sukses

Penjelasan Traveler Inggris soal Unggah Foto Bule Berjemur Dikelilingi Sampah di Pantai Bali

Traveler yang membagikan foto bule berjemur dikelilingi sampah di Pantai Batu Bolong Bali memberikan penjelasan terkait unggahannya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang traveler bernama Jordan Simons mengunggah dua potret yang menampilkan seorang bule perempuan berjemur di tepi pantai di Bali lewat akun Instagram pribadi @thelifeofjord. Namun yang menjadi sorotan adalah kondisi pantai yang dipenuhi oleh sampah.

Potret yang diunggah pada 16 Desember 2018 tersebut diambil di Pantai Batu Bolong, Canggu, Bali. Informasi ini Jordan sampaikan melalui kolom komentar setelah salah satu warganet bertanya terkait lokasi pengambilan foto.

Selang sehari, ia kembali membagikan video singkat yang memperlihatkan saat drone mengabadikan momen dalam potret. Selain debur ombak, di tepi pantai tampak sampah yang bertebaran.

Menurut informasi Instagram @vicababypinsela, fenomena sampah di pantai Bali karena efek angin barat. Hal ini kerap terjadi selama bertahun-tahun dan kian parah di penghujung tahun.

Sementara, @loevelife menyampaikan hal berbeda. "Painful but true. It's time to wake up and clean up our mess (Menyakitkan tapi ini yang sebenarnya. Ini waktunya untuk bangun dan membersihkan kekacauan kita)," tulisnya.

Setelah beragam tanggapan memenuhi kolom komentar unggahanya, Jordan kembali dengan potret yang diunggah hari ini, Kamis (20/12/2018). Terdapat empat potret yang mengabadikan kecantikan dan indahnya panorama Pulau Dewata disertai penjelasan.

"This is also Bali, one of the most beautiful and welcoming places I've ever been to (Ini juga di Bali, salah satu tempat paling indah dan ramah yang pernah saya kunjungi," tulis Jordan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Jordan Simons

Jordan Simons memberikan penjelasan cukup panjang lewat kolom keterangan keempat potret indahnya alam Bali. Ia meletakkan foto-foto bertujuan untuk menunjukkan dampak yang semua miliki di alam saat ini, tidak hanya di Bali tetapi di seluruh dunia.

"It's a worldwide problem and don't let any of the images put you off Bali and Indonesia, as it is probably one of the best countries you'll ever travel to (Ini adalah masalah yang mendunia dan jangan biarkan gambar-gambar itu menjauhkan Anda dari Bali dan Indonesia, karena mungkin ini adalah salah satu negara terbaik yang pernah Anda kunjungi)," tambahnya

Traveler asal Inggris ini kembali mengatakan sejak mengunggah foto-foto dan video tersebut, ia belajar bulan Desember adalah bulan terburuk untuk sampah di pantai. Hal ini karena arus membawa ke pantai daripadake laut.

Tidak ketinggalan, Jordan menyebut bahwa satu-satunya cara adalah mengajak warganet untuk mengurangi penggunaan plastik. "If even a few people change their attitudes, then I'm glad I could play a small part in that (Bahkan jika beberapa orang mengubah sikap mereka, saya senang dapat jadi bagian kecil dari itu)," jelas Jordan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.