Sukses

Peran Penting Orangtua dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak

Orangtua punya peranan penting dalam menumbuhkan minat baca anak.

Liputan6.com, Jakarta – Di era teknologi yang semakin maju ini, minat baca terutama di kalangan anak-anak semakin menurun. Hal itu terjadi di Indonesia. Menggunakan gawai dan menyaksikan siaran televisi lebih jadi pilihan utama.

Hal itu membuat daya imajinasi dan kreativitas seseorang semakin berkurang, terutama anak-anak. Untuk meningkatkan minat baca, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memilihkan buku-buku yang menarik terutama dari segi tampilan tapi tetap berbobot.

Saran itu dikemukakan psikolog Ratih Andjayani Ibrahim dalam acara peluncuran dan diskusi buku 'Kreasi Busana Daerah Indonesia Warisan Nusantara' di Balai Pertemuan Metro Jaya, Polda Metro, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2018.

Acara peluncuran buku yang digagas Yayasan Kemala Bhayangkara (YKB) itu juga dihadiri Tri Tito Karnavian selaku penggagas buku, Coretta Putut Bayuseno (Pengurus Pusat YKB), serta desainer Didiet Maulana (Perancang Busana sekaligus Founder of Ikat Indonesia).

"Peran orangtua dalam menumbuhkan minat baca anak sangat penting. Karena mereka mengambil contoh dari orang terdekat mereka yaitu orangtuanya. Kalau kita sebagai orangtua jarang membaca dan sibuk menggunakan ponsel, ya jadi sulit untuk menumbuhkan minat baca mereka," terang Ratih.

"Kalau kita memberikan contoh dengan sering membaca, biasanya akan lebih bisa membuat anak untuk ikut membaca, karena orangtua mereka jadi panutan utama mereka," sambung Ratih. Dengan banyak membaca, membuat daya imajinasi dan kreativitas seseorang semakin bagus. Pendapat senada dikemukakan Tri Tito Karnavian.

"Dengan membaca buku Kreasi Busana Daerah ini misalnya, hanya dengan membaca kita seperti jalan-jalan dan bisa mengenal 34 provinsi di Indonesia tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan menghabiskan banyak waktu," ucap Tri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.