Sukses

6 Trik Mudah agar Anak Gemar Membaca, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Bayi zaman now cenderung lebih tertarik bermain gawai ketimbang membaca buku. Padahal, membaca buku memiliki banyak manfaat. Untungnya ada beberapa trik yang bisa ortu lakukan untuk menumbuhkan minat membaca pada si Kecil. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan Mommy Jesselyn Johan dari Babyologist berikut ini.

Di jaman yang serba elektronik sekarang ini, banyak sekali anak-anak yang tidak suka membaca buku. Mereka lebih tertarik pada gadget dan elektronik.

Anak saya, Jennifer, sudah saya biasakan untuk membaca buku sejak usia 4 bulan. Awalnya saya pun tidak menyangka dia bisa tertarik pada buku. Bermula saat kakak ipar saya memberi hadiah berupa buku cerita. Saat itu saya coba bacakan untuk Jennifer dan surprisingly, dia tertarik.

Sekarang usianya sudah 14 bulan dan Jennifer hobi sekali membaca. Saat bermain menggunakan media mainan, saya kesulitan untuk membuatnya berdiam dan duduk. Namun saat membaca buku, Jennifer bisa duduk dan berusaha mencerna buku tersebut. Dari yang saya lihat, Jennifer lebih cepat berbicara dan mengerti kata-kata daripada teman sebayanya. Hal ini salah satunya disebabkan karena sering mendengarkan cerita.

 

2 dari 2 halaman

Tips agar anak senang membaca

Tips Dari Saya agar Anak Suka Membaca

1. Siapkan buku yang berwarna cerah, dengan topik yang disukai anak. Untuk anak di atas 1 tahun, biasanya kita sudah tahu apa yang dia suka, misalnya ikan, bebek, princess, mickey mouse, dst.

2. Beri waktu tertentu untuk membaca buku. Misalnya dari 3 sesi bermain setiap hari, sisihkan 1 sesi untuk membaca. Lama-lama akan jadi kebiasaan untuk anak.

3. Jangan paksa. Usahakan untuk mengajaknya dengan banyak cara. Misalnya kita buka dan jika ia terlihat tertarik, tunjukkan gambar-gambar di dalamnya yang mungkin anak kita suka. Sekali kita paksa, anak akan semakin menghindar.

4. Keluarkan buku secara bertahap sehingga anak tidak mudah bosan. Apabila kita punya 5 buku, jangan langsung mengeluarkan semua di 1 hari, rolling 2 buku per hari akan membuat anak tidak bosan dan merasa punya buku baru setiap hari. Untuk anak yang lebih besar seperti Jennifer, sekarang dia sudah bisa memilih buku mana yang ingin dia baca.

5. Invest more in books than toys. Books save more place than toys. Tips saya, datangi pameran buku seperti BBW, dst untuk mendapatkan banyak buku yang bagus dan murah.

6. Usahakan jauhkan gadget dan TV selama di rumah. Di rumah, saya tidak pernah menyalakan TV. Saat bersama Jennifer, saya berusaha tidak pegang HP dan fokus bermain.

Tentu Jennifer pernah menonton TV tetapi hanya sesekali dengan waktu yang singkat. Saat saya sedang pergi, tidak jarang saya membiarkan dia menonton video. Hal ini wajar selama anak tidak seharian menonton video terus menerus.

Jadi Moms, yuk mulai kebiasaan baik untuk anak kita mulai sekarang. "Today a reader, tomorrow a leader".

Semoga bermanfaat.