Sukses

Mau Liburan ke Luar Negeri Murah? Kunjungi 13 Destinasi Gratis di Kuala Lumpur

Liputan6.com, Jakarta Liburan ke luar negeri tidak melulu harus menghabiskan banyak uang. Mau yang murah, namun Anda sudah sampai ke luar negeri? Sambangi saja Kuala Lumpur, Malaysia.

Dipastikan, Anda tidak perlu membawa uang yang terlalu banyak saat traveling ke negara tetangga itu. Sebab, di sana Anda dapat jalan-jalan ke berbagai destinasi tanpa dipungut biaya. Tidak hanya satu atau dua saja, tapi setidaknya ada 13 tempat wisata di Kuala Lumpur yang bebas biaya masuk alias gratis.

Silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Petronas Towers

Mulai dari destinasi ‘wajib’ di Malaysia ini. Petronas Towers dengan tinggi lebih dari 400 meter sangat terkenal di dunia. Menara kembar ini menjadi ikon utama Malaysia. Bahkan, jika Anda ingin melihat kota dari ketinggian, Anda dapat naik hingga jembatan penghubungnya sebagai lokasi observasi.

Untuk naik, Anda memang harus membayar dan memastikan masih ada slot yang tersedia. Namun, jika hanya berfoto di depannya tentu saja gratis dan bebas kapan saja. Cobalah untuk mengambil foto pada saat terang dan juga malam hari.

2. KLCC Park

Masih di sekitar Petronas Towers. Luasnya mencapai 20 hektare dengan berbagai fasilitas, seperti jogging track dan tempat bermain anak. Di tengah taman, terdapat danau buatan besar di mana Anda bisa melihat air mancur menari.

Bayangkan, Anda bersama keluarga menikmati hari yang cerah di taman ini, pasti menyenangkan.

3. Menara KL

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di menara ini, mulai dari melihat kota dari ketinggian, menantang nyali di Skybox, melihat mini zoo, hingga merasakan F1 Simulator. Namun, untuk menikmati berbagai fasilitas di sana memang harus merogoh kocek.

Nah, untuk yang bebas biaya, silakan Anda menuju ke tamannya dan berfoto dengan latar Menara KL. Jelas ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

4. Brickfields

Di tengah gedung-gedung tinggi modern di Kuala Lumpur, terselip salah satu kawasan yang sarat nilai budaya, yaitu Brickfields atau Little India. Di kawasan ini, selain banyak warga keturunan India yang bermukim dan menjadi tempat wisata budaya, terdapat pula pusat perniagaan.

Dengan trotoarnya yang luas, wisatawan dapat menikmati tempat ini dengan nyaman. Anda bisa mengunjunginya saat perayaan Deepavali untuk melihat kemeriahannya.

5. Masjid Jamek

Dibangun pada tahun 1909, menjadikan masjid Jamek termasuk salah satu masjid tertua di Kuala Lumpur. Wisatawan tidak hanya dapat berkunjung untuk beribadah, tapi penganut non-muslim juga dapat menikmati keindahan masjid tua yang masih terjaga hingga saat ini.

Sebagai bukti multikultur di Malaysia, masjid ini mengadaptasi gaya Moorish atau Mughal India yang berciri lengkungan di bagian dindingnya. Sementara itu bagian teras masjid mengingatkan pada Masjid Nabawi di Madinah yang memakai penutup.

6. Dataran Merdeka

Tempat wisata ini berada sangat dekat dengan masjid Jamek dan menjadi lokasi favorit wisatawan saat ke Kuala Lumpur. Di sana, Anda dapat melihat lapangan luas dengan banyak bangunan kuno di sekitarnya.

Menurut sejarah, lapangan di kawasan Dataran Merdeka adalah saksi bisu saat bendera Malaysia dikibarkan pertama kali pada 31 Agustus 1957. Sementara itu, beberapa bangunan pada masa kolonial masih kokoh berdiri, seperti National History Museum.

Saat berada di sana, jangan lewatkan untuk menuju Kuala Lumpur City Gallery dan berfoto dengan signage “I Love KL” yang ikonik.

7. Masjid Negara

Selain Masjid Jamek, di Kuala Lumpur juga terdapat Masjid Negara yang merupakan masjid milik pemerintah. Masjid dengan arsitektur modern ini sangat megah dan besar hingga dapat menampung sekitar 15 ribu jamaah. Selain beribadah, di masjid ini Anda juga dapat menikmati taman indah yang mengelilingnya. Silakan berfoto secara gratis!

8. Pasar Seni

Sebagai salah satu bekas jajahan Inggris, Anda bisa melihat bangunan bergaya Inggris di Pasar Seni atau Central Market. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1888. Untuk mengunjungi kawasan ini, sama sekali tidak dipungut biaya.

Namun, ketika Anda tertarik untuk membeli suvenir untuk oleh-oleh, baru Anda perlu merogoh kocek. Ada banyak barang etnik dijual di sana. Anda pun akan merasa nyaman saat berbelanja karena bersih dan dingin.

9. Petaling Street

Masih berkutat dengan tempat penjualan suvenir. Kawasan Pecinan di Kuala Lumpur ini juga tidak boleh terlewatkan saat Anda ke Kuala Lumpur. Di Petaling Street Anda juga bisa membeli beragam suvenir dan oleh-oleh murah.

Selain suvenir, ada banyak juga warga Tionghoa-Malaysia yang menjual makanan di sepanjang jalan ini. Ingat, siapkan diri Anda untuk menawar. 

10. Kuil Sri Mahamariamman

Di ujung Petaling Street terdapat kuil umat Hindu yang sangat menarik perhatian dan menjadi tempat wisata, yaitu Kuil Sri Mahamariamman. Kuil yang merupakan tempat ibadah tertua Hindu Tamil di Kuala Lumpur ini dipenuhi oleh banyak patung-patung dewa.

11. Batu Caves

Saat tiba di bagian depan Batu Caves, Anda akan disambut patung emas Dewa Murugan setinggi 42 meter. Anda bisa masuk ke dalam goa dengan menaiki anak tangga. Di sekeliling goa terdapat lukisan dan patung dewa-dewa Hindu.

 

Di dalamnya, terdapat beberapa atraksi menarik tapi berbayar. Namun, jika hanya sampai Temple Cave setelah menaiki tangga, tidak ada biaya yang harus dibayar sembari berfoto dengan merpati atau monyet yang banyak di kawasan ini.

Anda juga bisa mengunjungi kuil ini pada perayaan Thaipusam untuk menghormati Dewa Murugan. Pada perayaan ini, para penganut Hindu Tamil akan menuju Batu Cave dengan berjalan kaki.

12. Taman Tasik Perdana

Anak-anak pasti senang jika diajak ke Taman Tasik. Di sana, terdapat playground anak yang cukup besar. Anda bisa menemukan danau, rumah-rumah bambu, hingga taman anggrek. Saking indahnya, berkeliling taman ini seperti tidak ada habisnya!

13. Bukit Bintang

Jika Singapura punya Orchard Road, maka Malaysia punya Bukit Bintang. Di kawasan ini terdapat banyak pusat perbelanjaan papan atas dengan brand ternama di dalamnya. Tenang, Anda tidak perlu merogoh kocek saat menikmati jalanan di sini. Banyak wisatawan yang hanya berjalan-jalan di sini tanpa membeli barang mewah.

Bagaimanapun caranya, jelas ke Malaysia itu tidak mahal. Apalagi, bila Anda rajin memantau promo update dari situs penjualan tiket pesawat ke luar negeri macam Traveloka, baik melalui mobile maupun desktop serta aplikasi. Sebab, bukan tidak mungkin, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat ke Malaysia di bawah Rp 2 jutaan untuk pulang-pergi.

Traveloka kini menawarkan harga lebih murah melalui promo GIRANG Save on 25th Traveloka yang berlangsung pada tanggal 25 November - 5 Desember 2018. Tersedia juga cicilan 0% menggunakan kartu kredit dan PayLater.

Jelas makin tiket pesawat ke luar negeri makin murah!

 

 

(*)