Sukses

5 Cara Memilih dan Mengenali Ikan yang Masih Segar, Apa Saja?

Ada lima cara untuk memilih dan mengenali ikan yang masih segar. Salah satunya tak bau menyengat.

Liputan6.com, Jakarta – Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Makan ikan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Namun, Anda perlu mengetahui memilih ikan yang segar dan berkualitas. Dilansir dari Allrecipes.com dan WholeFoodsMarket.com, Kamis, 15 November 2018, berikut cara memilih dan mengenali ikan yang segar.

Tidak Berbau Menyengat

Ikan segar terlihat baik secara bentuk dan berbau laut atau air. Ikan yang segar tak akan menimbulkan bau amis yang menyengat.

Kulitnya Cerah dan Mengkilap

Anda harus memperhatikan kulitnya. Apakah berkerut, kusam, dan pucat atau berwarna cerah dan mengkilap? Pilih ikan dengan tubuh yang kencang dan kulit mengkilap dengan sisik yang tak rontok.

Insangnya Segar

Lihat insang ikan, jika berwarna kemerahan cerah dan segar, tanda ikan tersebut segar. Jangan dibeli ikan yang sudah terlihat pucat, apalagi berlendir.

Dagingnya Padat Elastis

Jangan pilih ikan yang sudah lembek. Ikan yang segar dagingnya juga elastis dan padat sehingga tidak berubah bentuk ketika disentuh.

Matanya

Jangan memilih ikan yang matanya sudah buram. Ikan dengan mata yang masih hitam, menonjol dan terlihat jernih menandakan ikan dalam keadaan segar. (Febi Anindya Kirana)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.