Sukses

Cara Memakai Eyeliner yang Benar Bagi Pemula, Tidak Luntur dan Tahan Lama

Bisa tampil cantik memesona.

Liputan6.com, Jakarta Eyeliner menjadi salah satu kosmetik yang tidak bisa lepas dari riasan wajah. Hal itu dikarenakan eyeliner berguna untuk membuat tampilan mata terlihat lebih besar, tegas, dan indah.

Mengaplikasikan eyeliner sendiri memang sedikit tricky bagi beberapa orang. Terutama bagi mereka yang pemula. Kadang bisa belepotan, kadang juga tidak simetris antara mata yang kanan dan yang kiri. 

Bagi kamu yang pemula dalam mengaplikasikan eyeliner, ada baiknya mengetahui beberapa jenis eyeliner sehingga bisa mengetahui cara yang tepat untuk memakainya. Berikut cara memakai eyeliner yang benar seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Eyeliner

1. Pencil eyeliner.

Pencil eyeliner merupakan jenis eyeliner yang paling populer dan mudah cara pengaplikasiannya. Namun di sisi lain tidak tahan lama sehingga harus sering-sering menebalinya jika kamu sibuk seharian. Eyeliner jenis pensil ini cocok digunakan bagi kamu yang masih pemula. Ya, cara memakai eyeliner jenis ini sangat mudah dan tidak akan meluber seperti liquid eyeliner maupun jenis lainnya.

Saat membeli pencil eyeliner pun, berarti kamu juga harus membeli rautannya. Raut pensil setiap kali hendak memakainya. Hal ini berguna untuk menghindari dan menyingkirkan bakteri yang bisa saja menempel pada pemakaian sebelumnya. Namun jangan terlalu tajam seperti meraut pensil untuk menulis, karena dapat membuat kulit di area mata justru terluka karena ketajamannya.

2. Liquid eyeliner.

Liquid eyeliner biasanya dikemas dalam botol kecil dengan kuas tipis dan runcing seperti pensil guna mempermudah pengaplikasiannya. Liquid eyeliner atau eyeliner cair ini warnanya lebih gelap atau pekat dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan pencil eyeliner. Cara memakau eyeliner cair ini memang lebih rumit karena bisa saja luber serta membutuhkan waktu untuk kering.

3. Gel Eyeliner.

Eyeliner dengan bentuk gel ini biasanya dikemas dalam sebuah pot kecil dan bertekstur cukup kental. Warna yang dihasilkan sangat pekat sehingga seringnya digunakan untuk riasan ke pesta atau acara formal lainnya. Cara memakai eyeliner ini tidak terlalu sulit, hanya saja butuh kuas dan perawatan yang khusus. Kuas yang digunakan harus tipis dan runcing supaya mudah diaplikasikan. Selain itu, kuas juga harus segera dibersihkan setelah pemakaian untuk menghindari gel yang mengering dan membuat kuas tidak bisa lagi digunakan dengan maksimal.

4. Liquid Pen Eyeliner.

Jenis eyeliner yang satu ini sangat praktis dan mudah sekali diaplikasikan. Kuas dan kemasan cairannya sudah menyatu, sehingga kamu hanya perlu menggunakannya seperti spidol. Cara memakai eyeliner Liquid pen eyeliner ini bisa kamu gunakan untuk acara apapun karena warnanya cukup pekat dan memberikan efek yang dramatis pada matamu.

3 dari 4 halaman

Cara memakai eyeliner untuk pemula

1. Mengaplikasikan bentuk eyeliner yang cocok dengan bentuk mata.

Bentuk mata setiap orang tentu berbeda-beda, oleh karena itu kenalilah bentuk mata kamu agar ketika hendak mengaplikasikan eyeliner, kamu tahu bentuk eyeliner seperti apakah yang cocok dengan matamu.

2. Gunakan jenis eyeliner pencil eyeliner bagi kamu yang pemula.

Bagi kamu yang baru saja menjajal dunia makeup atau berdandan menggunakan eyeliner, gunakanlah pencil eyeliner. Penggunaan eyeliner pensil ini lebih mudah bagi pemula. Dan juga sebagai percobaan tidak akan meluber dibandingkan dengan jenis eyeliner lainnya

3. Cara memakai eyeliner dengan posisi yang benar.

Langkah selanjutnya cara memakai eyeliner adalah menentukan posisi yang benar. Aplikasikan eyeliner dengan posisi duduk dan letakkan tangan pada meja yang stabil. Hal ini dilakukan agar tangan tidak bergoyang dan meminimalisir kesalahan yang tidak diinginkan. 

4. Dongakkan kepala sedikit ketika mengaplikasikan eyeliner.

Ketika sedang mengaplikasikan eyeliner, dongakkan kepala kamu sedikit agar dapat melihat garis mata dengan lebih jelas. Cara memakai eyeliner ini sebagai ganti agar tidak mengaplikasikan dengan menarik ujung mata. Jangan menarik ujung mata, karena ujung mata sangat sensitif dan malah mempercepat proses penuaan pada kulit 

5. Buat titik atau garis-garis.

Agar tidak miring atau menghindari ketebalan yang berbeda. Buat titik-titik atau garis-haris pada kelopak mata kamu baru kemudian ditebalkan. Cara memakai eyeliner ini bisa kamu langkahi jika dirasa tidak perlu.

6. Sapukan eyeliner ke satu arah dan sekali usap.

Cara memakai eyeliner agar ketebalannya merata adalah dengan sekali usap. Setelah membuat titik-titik atau garis-garis, usapkan eyeliner dari ujung ke ujung hanya dengan sekali usap. Dengan begitu maka ketebalannya akan merata. 

7. Usapkan lagi sampai mencapai ketebalan yang diinginkan.

Jika dirasa kurang tebal, usapkan lagi dari ujung-ujung. Ingat, dari ujung-ke ujung. Jangan dari tengah-tengah.

 

4 dari 4 halaman

Kesalahan umum cara memakai eyeliner

1. Mengaplikasikan eyeliner pada semua garis mata, atas dan bawah.

Hal ini bukannya membuat menjadi lebih dramatis, namun akan membuat tampilan mata menjadi lebih kecil padahal kamu menginginkan tampilan mata agar terlihat lebih besar. Hal ini memang cocok bagi kamu yang ingin mengaplikasikan konsep gelap pada wajah dan memakai efek smokey eyes. Namun untuk makeup sehari-hari justru akan terkesan aneh. 

2. Mengaplikasikan eyeliner hanya pada garis mata bagian bawah.Agar terlihat tegas dan garang, kamu hanya mengaplikasikan eyeliner hanya pada garis mata bagian bawah. Hal ini akan membuat tampilan mata tidak proporsional.

3. Malas meraut pensil eyeliner dan menggunakannya dalam keadaan tumpul.

Dengan mengaplikasikan pencil eyeliner tanpa merautnya, akan membuat kamu kesusahan dan malah akan tidak rata dan rapi.

4. Mengaplikasikan eyeliner terlalu tebal.

Cara memakai eyeliner untuk mata sipit agar mata terlihat besar bukanlah dengan mengaplikasikan eyeliner dengan tebal dan berani. Jika kamu mengaplikasikan eyeliner terlalu tebal, justru tampilan mata akan semakin terlihat kecil. Terutama bagi kamu yang memiliki mata yang berkerut. Lebih baik aplikasikan eyeliner setipis yang kamu bisa jika ingin membuat tampilan mata terlihat lebih besar.

5. Mengaplikasikan eyeliner dengan menarik ke atas ujung mata.

Dengan melakukan hal tersebut terus-menerus, kamu malah akan mempercepat proses penuaan pada mata karena kulit di sekitar mata sangat sensitif. Lebih baik biasakan mengaplikasikan eyeliner dengan sedikit mendongakkan kepala.

6. Mengaplikasikan eyeliner cair pada bagian bawah mata.

Hal ini akan membuat tampilanmu terlalu keras dan garang. Lebih baik gunakan pencil eyeliner lalu ratakan dengan menggunakan kuas eyeshadow jika ingin mengaplikasikan eyeliner pada bagian bawah mata. 

7. Menggunakan eyeliner berwarna putih.

Mungkin sebagian dari kamu kaget mendengar hal ini. Memang banyak yang berkata jika ingin tampilan mata lebih besar gunakan eyeliner berwarna putih. Memang masuk akal, namun kamu punya pilihan yang lebih baik. Daripada menggunakan eyeliner berwarna putih, cobalah menggunakan nude eyeliner. Hal ini akan membuat tampilanmu terlihat lebih natural.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.