Sukses

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Kembali Berseri Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang nggak mau memiliki wajah mulus dan berseri? Semua orang pasti mendambakan memiliki kulit wajah yang bersih dan berseri, termasuk kaum Hawa. Namun terkadang sebagian perempuan memiliki kulit wajah yang kusam. Kulit kusam adalah salah satu masalah yang dihindari namun banyak dialami. Memiliki wajah yang kusam pastinya akan sangat mengurangi rasa percaya dirimu. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara merawat wajah agar tidak kusam dan kembali berseri. 

Wajah kusam membuat kulit terlihat lelah dan tidak menarik. Wajah terlihat kusam karena penumpukan sel-sel kulit mati sehingga membuat wajah jadi tidak bercahaya. Sebenarnya, wajah kusam bisa disebabkan karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya karena gaya hidup atau faktor lingkungan seperti malas cuci wajah sebelum tidur, terlalu sering terpapar sinar matahari dan tidak menggunakan sunscreen, atau kebiasaan merokok dan begadang.

Jika kulit wajah kusam, maka orang-orang akan berfikir kalau kamu adalah orang yang tidak memperhatikan kebersihan dan penampilan. Nggak mau itu terjadi kan? Nah, berikut ini liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (27/10/2018) cara merawat wajah agar tidak kusam dan kembali berseri secara alami.

2 dari 8 halaman

1. Bersihkan wajah 2 - 3 kali sehari

Cara merawat wajah agar tidak kusam yang pertama adalah membersihkan wajah. Kegunaannya bukan hanya untuk menjaga kebersihan kulit, tapi mengurangi minyak di kulit. Membersihkan wajah memang ritual yang nggak boleh kamu lewati, selain untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, juga akan mendapatkan wajah yang cerah dan segar. Namun jangan terlalu sering membersihkan wajah. Pasalnya, membersihkan wajah secara berlebihan dapat mengurangi kadar minyak yang ada. Sebenarnya minyak pada wajah juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan keseimbangan kadar minyak dan air jadi penentu kondisi kelembaban kulit wajah. Jadi, sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam yang baik, sebaiknya bersihkan wajah 2-3 kali sehari saja.

3 dari 8 halaman

2. Masker alami putih telur dan madu

Cara merawat wajah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan putih telur dan madu. Gunakan putih telur dan madu sebagai masker untuk merawat wajah kusam. Putih telur yang dipercaya bisa mengencangkan kulit, sedangkan madu mengandung vitamin dan mineral yang cukup untuk menambah nutrisi kulitmu.

Pakai masker putih telur dan madu ini seminggu sekali sebelum tidur. Caranya sangat mudah, campur putih telur dengan madu, kemudian oleskan ke permukaan kulit wajah. Diamkan semalaman. Cuci wajah setelah bangun keesokan harinya. Lakukan perawawatan ini secara rutin demi wajah yang kembali halus dan bersinar.

4 dari 8 halaman

3. Telur dan lemon

Wajah kusam tidak saja dialami oleh mereka dengan tipe kulit berminyak. Kamu yang memiliki tipe kulit kering juga bisa mengalami wajah kusam. Nah, jika kamu memiliki wajah yang kering, manfaatkanlah telur yang bisa menjadi pelembab dan pemutih alami untuk wajah. Gunakan juga lemon untuk membersihkan pori-pori dan noda.

Cara merawat wajah kusam dengan telur dan lemon adalah, campurkan 2 butir telur dengan seperempat cup sari perasan lemon. Oleskan ke wajah dan diamkan sekitar 15 menit hingga mengering. Bilas dengan air hangat.

5 dari 8 halaman

4. Beras

Meski sederhana, beras ternyata memiliki kemampuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati, memberikan kelembaban alami, dan mencerahkan kulit. Oleh karena itu beras dapat digunakan sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam. Cara meraciknya, rendam setengah cup beras dalam satu cup air selama 60 menit hingga air memutih, lalu saringlah airnya. Ambil sebuah handuk kertas dan buatlah lubang untuk area mata dan mulut. Rendam handuk kertas di air beras selama 10 menit lalu peras sedikit agar air tidak menetes. Letakkan pada wajah dan diamkan masker selama 15 menit. Masker beras cocok untuk semua jenis kulit.

6 dari 8 halaman

5. Wortel dan Madu

Tidak hanya bagus untuk kesehatan matamu. Jika digunakan sebagai masker, ternyata wortel mampu mencerahkan dan meremajakan kulit. Sementara madu bisa menjadi pelembab alami untuk wajah yang kusam dan kering. Kombinasi ini cocok digunakan sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam.

Rebus wortel hingga lunak dan tumbuk sampai halus. Campurkan madu sedikit demi sedikit hingga kekentalannya sempurna. Biarkan adonan selama beberapa menit hingga suhunya dingin. Lumurkan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

7 dari 8 halaman

6. Masker Kunyit

Kunyit yang umumnya tersedia di dapur rumah ternyata dapat membuat kulit bercahaya dan berkilau secara alami. Bahan dapur ini dapat dimanfaatkan sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam. Hal ini didukung oleh senyawa antioksidan dan antiradang dalam kunyit.

Langkah membuat masker kunyit sangatlah mudah. Campurkan beberapa sendok greek yoghurt, madu, dan kunyit dalam wadah kecil. Oleskan pada wajah dan diamkan 15 menit. Lalu bilas. Dengan melakukan perawatan secara rutin, kulit kusam pun tidak akan terlihat lagi.

8 dari 8 halaman

Menerapkan gaya hidup yang sehat

1. Cukupi kebutuhan air putih setiap hari

Selain menjaga kebersihan dan melakukan perawatan, cara merawat wajah agar tidak kusam adalah dengan wajib mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Minum air putih bukan hanya menghilangkan dehidrasi saja, melainkan melarutkan racun dari dalam tubuh. Manfaat air putih dalam perawatan wajah kusam mampu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. 

2. Hindari makan junk food

Ungkapan kamu adalah apa yang kamu makan itu merupakan hal yang benar. Dirimu dapat terpancar dari kebiasaan makanmu. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang sarat gula dan berlemak dapat berakibat buruk bagi kulit. Kurangi, bahkan hindari sama sekali junk food untuk membuat kulit lebih bersinar. 

3. Rutin melakukan olahraga

Cara merawat wajah agar tidak kusam selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga, bukan cuma membuat tubuh menjadi lebih sehat, melakukan olahraga juga berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Disaat berolahraga, kelenjar keringat banyak memproduksi keringat dari pori-pori kulit. Nah, keringat tersebut membuat kotoran-kotoran yang terkunci di dalam pori-pori ikut terdorong keluar, sehingga pori-pori kembali bersih. Selain itu, sirkulasi oksigen yang lebih lancar saat berolahraga membuat kulit di tubuh juga wajah lebih cerah dan merona. 

Selain mengetahui cara merawat wajah agar tidak kusam secara alami, berikut ini langkah-langkah pencegahan agar wajah tidak kusam.

Jangan lewatkan menggunakan sunscreen 

Sudah bukan rahasia lagi jika sinar matahari memiliki dampak buruk pada wajah, salah satunya warna kulit yang bisa menggelap atau menghitam. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk selalu mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya pada wajah dan leher sebelum kamu beraktivitas.

Hati-hati terhadap eksternal stres 

Polusi, asap kendaraan, pekerjaan, kebisingan, trauma, cedera, dsb. Hal-hal ini adalah eksternal stres yang memiliki efek merugikan bagi kulitmu. Gunakan produk perawatan kulit untuk melindungi kulit dari tekanan sehari-hari sebelum meninggalkan rumah dan bersihkan kulit dengan saksama pada saat kamu telah berada di rumah pada malam hari sebelum tidur.

Loading