Sukses

Cara Membuat Cimol Agar Tidak Meletus Saat Digoreng, Rasanya Enak Pol

Cimol makanan ringan yang selalu bikin ketagihan.

Liputan6.com, Jakarta Bandung memang dikenal sebagai surga jajanan. Sebagian besar camilan dan makanan yang berasal dari kota ini sunggulah lezat hingga sulit untuk dilupakan. Begitu pula dengan cimol Bandung. Cimol adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol) yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat.

Cimol yang terbuat dari aci atau kanji ini sebenarnya merupakan jajanan sederhana. Namun karena sensasi dimakannya yang seru, maka cimol punya penggemar tersendiri. Apalagi jika cimol dimakan dengan saus kacang, digoreng dengan telur, hingga ditaburi dengan bumbu bubuk.

Untuk memuaskan hasrat untuk makan cimol, kamu sebenarnya tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung. Sebab kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Jajanan buatan rumah ini tentu saja juga aman untuk dikonsumsi setiap hari karena kamu bisa menggunakan bahan pilihan.

Salah satu hal yang paling ditakuti atau paling tak mengenakkan saat menggoreng cimol adalah minyaknya yang meletus atau meletup. Rasanya jelas tak nyaman sekali kalau kulit melepuh kena cipratan minyak panas.

Selain cimol, rupanya menggoreng cireng atau camilan berbahan kanji lainnya bernasib sama. Saat digoreng, biasanya akan membuat minyak meletus dan menciprat ke kulit kita. Kalau seperti ini jadinya malah malas untuk lanjut menggoreng. Dirangkum liputan6.com dari berbagai sumer Sabtu (20/10/2018), ada tips yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah ini. Jadi nggak khawatir kulit terciprat minyak panas nih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahap-Tahapnya

Cara Pertama

Panaskan dulu minyak di wajan. Setelah panas, kecilkan api (gunakan api sedang). Baru setelah itu, masukkan cimol yang akan digoreng.

Cara Kedua

Siapkan wajan besar, tuang minyak goreng yang masih dingin, masukkan cimol yang akan digoreng. Baru, setelah itu nyalakan api. Kemudian, masak dan goreng hingga matang.

Cara Ketiga

Panaskan minyak di wajan. Sementara itu, celupkan dulu cimol yang akan digoreng ke minyak dingin. Ketika minyak di wajan sudah panas, masukkan cireng yang sudah dilumuri dengan minyak dingin tadi. Lalu goreng hingga matang.

Nah sudah tahu kan cara menggoreng cimol agar tidak meletus? Yuk buat cimol yang enak dan sederhana di rumah, berikut resepnya yang dikutip dari Cookpad.

3 dari 4 halaman

Bahan-bahan:

- 1/4 kg tepung tapioka

- 1 bh bawang putih cincang

- 1 bh bawang daun

- 1/2 bks masako ayam

- 1/2 sdm lada bubuk

- 1/2 gelas air mendidih

-1 sdm tepung terigu

- Minyak untuk menggoreng

4 dari 4 halaman

Cara membuatnya:

1. Masukan tepung tapioka, tepung terigu, bwg pth, lada, masako, daun bawang.

2. Tambahkan air medidih sedikit demi sedikit aduk smpe adonan kalis.

3. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil.

4. Siapkan penggorengan dan minyak yang masih dingin.

5. Masukkan adonan cimol ke dalam minyak dingin dalam penggorengan.

6. Setelah itu baru nyalakan kompor dengan api kecil.

7. Lalu aduk-aduk terus agar cimol tidak meletus hingga masak dan mengembang.

Setelah masak, sajikan dengan menambahkan kaldu jamur, garam, bon cabe atau bumbu-bumbu rasa lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini