Sukses

6 Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Hits dan Instagramable, Cocok Buat Refresh Pikiran

Liputan6.com, Jakarta Jakarta yang merupakan ibukota dari Indonesia mungkin identik dengan pusat bisnis dan pusat pemerintahan. Jakarta sebagai kota metropolitan memang didominasi oleh hutan beton, seperti gedung-gedung pencakar langit yang berbaris rapat. Namun bukan berarti Jakarta adalah tempat yang tidak layak untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Justru, banyak sekali tempat wisata di Jakarta yang bisa jadi pilihan liburan.

Di balik tingginya gedung pencakar langit dan gemerlap kotanya, ternyata Jakarta menyimpan banyak keindahan destinasi wisata. Tempat wisata di Jakarta bahkan cukup beragam. Tempat wisata bertema keluarga, ramah anak, taman hiburan, taman kota, wisata malam, wisata kuliner, wisata pendidikan, wisata budaya, hingga wisata alam, semua ada di Jakarta. Nah, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (18/10/2010), tempat wisata alam di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk liburan singkat sekaligus refresh pikiran.

2 dari 7 halaman

1. Kepulauan Seribu

Bicara soal tempat wisata alam di Jakarta, Kepulauan Seribu tentu tak boleh dilewatkan. Kepulauan ini adalah destinasi wisata bahari terbaik di Jakarta. Dari sebelas pulau kecil yang ada dalam gugus kepulauan ini, banyak di antaranya yang menjadi pulau wisata. Kamu bisa berwisata bahari di Pulau Bidadari dan Pulau Putri. Juga bisa mengunjungi Pulau Tidung, Pulau Pramuka, atau Pulau Untung Jawa. Di tempat wisata satu ini kamu bisa berwisata sambil merefresh pikiran.

3 dari 7 halaman

2. Taman Wisata Alam Mangrove

Ingin main-main ke hutan Mangrove? Kamu bisa berkunjung ke Penjaringan, Jakarta Utara. Di sana ada Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang populer sebagai spot foto yang instagramable. Jika bosan berjalan kaki, kamu bisa menyusuri mangrove dengan wahana wisata air. Hutan bakau yang berlokasi di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dengan luas 99,82 hektare ini selalu ramai dikunjungi saat musim liburan.

4 dari 7 halaman

3. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Tempat wisata ini ada di Jalan Lembang Terusan D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Danau alami ini berada di kawasan yang cukup tersembunyi dan jauh dari jalan raya, suasananya sangat syahdu dan cocok untuk istirahat dari padatnya aktivitas harian. Di taman ini terdapat fasilitas arena pemancingan, trek lari, dan arena permainan anak.

5 dari 7 halaman

4. Hutan Kota Srengseng

Jakarta Barat punya hutan kota yang terhampar seluas 15 hektar. Hutan Kota Srengseng namanya. Tak hanya dipenuhi ribuan pohon yang menjulang tinggi, hutan ini juga punya danau buatan yang cukup luas. Jika kamu tak punya banyak waktu untuk berlibur ke luar kota, Hutan Kota Srengseng bisa menjadi alternatif untuk liburan singkat. Meskipun datang di siang hari, kamu tidak akan merasa gerah karena keseluruhan kawasan di hutan ini sangat rindang dan sejuk. Terdapat sekitar 4.800 pohon dengan 63 varietas berbeda, di hutan buatan yang sudah ada sejak 1995. Hawanya yang sejuk membuat betah berlama-lama.

6 dari 7 halaman

5. Taman Cattleya

Taman Cattleya merupakan “surga alami” yang berada tak jauh dari Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Berada persis di pusat hiruk pikuk kawasan Slipi, taman yang luasnya mencapai 3 hektar ini menawarkan kesegaran dengan banyak pepohonan rindang dan beragam fasilitas. Di sini, kamu bisa berlari santai, bermain sepeda, atau sekadar menikmati suasana. Pada bagian tengah taman, ada pula danau seperti di Hutan Kota Srengseng. Tak hanya itu, Taman Cattleya juga menyediakan area khusus untuk berolahraga dengan beragam alat pendukung.

7 dari 7 halaman

6. Setu Babakan

Tempat wisata di Jakarta lainnya yang bisa kamu tuju ketika ingin ‘kabur’ sejenak dari suasana ibu kota yang sibuk adalah Setu Babakan. Di sini kamu bisa merasakan kesegaran alam dengan menaiki perahu angsa berkeliling danau. Objek wisata satu ini memiliki luas yang mencapai 30 hektar dengan pepohonan rindang yang mengelilingi sisi danau. Sambil menikmati alam, pastikan kamu juga mencicipi beragam kuliner khas Betawi di sini.

Bom Bunuh Diri Tewaskan 2 Polisi Mesir

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Wisata Pacitan dengan Pemandangan Menawan, Tak Cuma Pantai
Artikel Selanjutnya
Wisata Bahari Lamongan Jawa Timur, Bikin Liburan Bareng Keluarga Semakin Seru