Sukses

5 Wisata Pacitan dengan Pantai Paling Indah, Jadi Favorit Wisatawan

Liputan6.com, Jakarta Pacitan merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang juga berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebagian besar wilayahnya merupakan berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Hal ini lah yang membuat wilayah Pacitan tak bisa menjadi lahan pertanian.

Pacitan juga dikenal memiliki goa-goa yang indah, di antaranya Goa Gong (goa terindah se-Asia Tenggara), Tabuhan (batu dapat dipukul dan berbunyi seperti alat musik gamelan), Kalak (goa pertapaan), dan Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks goa terluas di Asia Tenggara). Di daerah pegunungan ini juga seringkali ditemukan fosil manusia purba dan alat-alat purbakala.

Nah, meski mendapat julukan sebagai Kota Seribu Goa, Pacitan juga merupakan salah satu wilayah dengan deretan pantai yang sangat indah. Pacitan bahkan merupakan salah satu penyumbang pantai terbanyak di Provinsi Jawa Timur.

Sebagian besar pantai di Pacitan memiliki pasir yang putih dengan air laut yang jernih. Beberapa di antaranya juga memiliki ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk surfing. Selain itu banyak juga pantai di Pacitan yang berada jauh dari kota sehingga suasananya cenderung masih sepi. Pantai yang jauh dari kota tersebut biasanya justru yang memiliki pesona luar biasa cantik.

Memiliki pantai yang banyak, namun ada 5 pantai di Pacitan yang memiliki pesona yang indah dan jadi favorit wisatawan. Penasaran? Yuk simak 5 wisata pantai di Pacitan yang wajib kamu kunjungi seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (17/10/2018). 

2 dari 6 halaman

1. Pantai Buyutan

Jika kamu tertarik menikmati bebatuan karang yang bentuknya beraneka ragam, langsung saja datang ke Pantai Buyutan. Pemandangan di salah satu pantai di Pacitan ini cukup eksotis. Destinasi pantai satu ini terletak di Donorojo.

Tidak jauh beda dengan Pantai Klayar yang merupakan tetangga dekatnya, Pantai Buyutan memiliki pasir putih super lembut yang sayang sekali kalau dilewatkan. Berada di pantai ini kita bisa puas mainan pasir dan air. Pasir yang sangat lembut membuatnya terasa nyaman di telapak kaki saat sedang berjalan-jalan mengelilingi tempat wisata satu ini.

Masih diwarnai kencangnya tiupan angin, Pantai Buyutan menyuguhkan pemandangan bebatuan karang yang kokoh menghadang derasnya gelombang Laut Selatan. Kamu juga bisa menikmati sunset yang eksotis di pantai ini.

3 dari 6 halaman

2. Pantai Srau

Berada sekitar 25 kilometer dari pusat kota Pacitan, kamu bakal langsung mendapatkan tiga keindahan pantai sekaligus di sini. Ada pantai yang memiliki pasir halus, ada pantai yang terdapat deretan batu karang indah, dan ada pula yang deburan ombaknya sangat indah.

Pantai Srau sendiri memiliki tiga bagian yang bisa kamu jelajahi seharian. Di bagian timur untuk melihat matahari terbit, bagian barat untuk matahari terbenam dan tengah dengan pemandangan Laut Selatan yang sangat indah memesona.

Letaknya yang cukup tersembunyi dan sulit dijangkau membuat Pantai Srau juga menghadirkan pesona yang alami. Karang di tengah lautan yang dihantam ombak ikut menambah eksotisme pantai Srau ini.

4 dari 6 halaman

3. Pantai Banyu Tibo

Pantai dengan air terjun yang langsung mengalir ke laut selalu menjadi pemandangan yang unik. Seperti destinasi wisata satu ini yakni Pantai Banyu Tibo, Pacitan. Kamu bisa menikmati air yang segar dari air terjun tersebut sambil menikmati keindahan pantai sekaligus.

Dengan bibir pantai yang tidak terlalu panjang, pantai di Pacitan ini menjadikan air terjun sebagai spot utama yang sangat menarik. Namun sejatinya banyak keindahan lain yang ditawarkan di pantai ini, seperti pemandangan yang keren dan kubangan air di tengah karang.

5 dari 6 halaman

4. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung ini memang sangat terkenal di kalangan para surfer. Pantai ini memiliki ombak barrel dan reef break, yang menjadi tantangan menarik bagi para surfer. Ombak yang tinggi dengan angin yang kencang menjadikan Pantai Watu Karung menjadi spot surgawi bagi para peselancar. Konon, gelombang yang ada di pantai ini termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia, terutama saat April hingga Oktober.

Jika tidak bisa surfing, kamu masih bisa menikmati pemandangan sambil menyantap kudapan lezat di pinggir pantai. Selain ombak, situasi pantainya juga asyik untuk dibuat bersantai. Garis pantai yang panjang dan pasirnya yang putih dan lembut menjadikan pantai di Pacitan ini sebagai salah satu destinasi paling pas untuk dijadikan spot bersantai.

6 dari 6 halaman

5. Pantai Klayar

Setiap pantai di Pacitan memiliki keunikannya tersendiri, seperti di Pantai Klayar yang identik dengan semburan air yang unik dan gulungan ombak yang eksotik. Semburan air di Pantai Klayar terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur di lubang-lubang yang ada di permukaan. Sementara ombak besar di pantai ini bisa kamu nikmati setiap saat.

Menjadi pantai terindah dan terfavorit di kalangan wisatawan, batu karang di pantai ini punya banyak celah. Setiap kali ombak menerpa, muncul pula bunyi seperti siulan. Nah, buat kamu yang ngaku pecinta alam, wajib banget mampir ke sini. Nggak Cuma keren, tempat wisata ini juga Instagramable abis. 

Sudah siap menjelajahi wisata Pacitan?