Sukses

Pesona Lebak Banten dari Alam hingga Budayanya

Lebak menawarkan sensasi liburan seru dari wisata alam, budaya, dan religi.

Liputan6.com, Jakarta - Lebak, memiliki daya tarik wisata yang tak kalah menarik dengan beberapa daerah di wilayah Indonesia, baik dari pesona alam hingga budaya. 

Dengan keindahan alamnya yang memikat, Lebak menawarkan sensasi liburan yang seru dengan deretan wisata pantai maupun air terjunnya. Di antaranya Pantai Sawarna, Pantai Karang Bokor, Pantai Tanjung Layar, Curug Munding, dan Curug Kumpay.

Wisata budayanya juga tak kalah menarik. Lebak punya Baduy yang sudah mendunia. Wisata budaya ini, diyakini punya nilai tinggi lantaran di Baduy bisa dijumpai kehidupan alami seperti komunitas suku Aborigin di Australia, suku Amish di Amerika Serikat, atau suku Incha di Manchu Pichu Peru.

Lebak adalah salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Banten. Luas wilayah Lebak 3.044,72 km2, dan berbatasan dengan Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.

Di sebelah selatan, Lebak berbatasan dengan Samudra Hindia, sementara di bagian timurdengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Di sisi barat, Lebak berbatasan dengan Kabupaten Pandeglang.

Secara geografis Kabupaten Lebak terdiri dari dataran rendah pada bagian utara dan wilayah pegunungan di bagian selatan. Salah satunya yang terkenal adalah Gunung Halimun yang berada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

Untuk kesenian, Lebak memiliki Musik Gamelan Tatalu, serta pertunjukan kesenian khas Baduy Mapag Semah. Sementara untuk wisata religi, Lebak punya ribuan madrasah dan pesantren yang juga memliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.