Sukses

6 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos yang Ramah di Kantong

Liputan6.com, Jakarta - Setelah seharian beraktivitas di luar tentu menyenangkan bila pulang kembali ke kamar yang nyaman. Kamar pun ditata sedemikian rupa agar bisa membuat betah. Tak hanya bisa memulihkan kepenatan, kamar yang nyaman juga bisa membuat ide-ide segar bermunculan.

Tak terkecuali para anak kos yang biasanya berbujet pas-pasan. Kondisi itu sebenarnya bisa disiasati dengan cara kreatif yang tidak menguras kantong. Sederhana pula pengaplikasiannya.

Yuk, langsung simak dekorasi yang bisa membuat kamar kos Anda menjadi lebih menarik! 

1. Lampu Tumblr

Tumblr lamp atau curtain lamp bisa jadi satu ornamen menarik untuk ditaruh di kamar, lho. Warna dari lampu ini juga bisa disesuaikan dengan mood Anda. Ada yang warna-warni, putih, biru, atau kuning. Dikutip dari laman freshome.com, lampu Tumblr bisa dipasang menghiasi dinding yang kosong atau dibentuk menjadi rangkaian huruf.

Cahaya lampu Tumblr dapat menciptakan efek tenang dan nyaman di kamar. Belum lagi lampu-lampu kecilnya yang menyerupai kerlipan bintang dan kunang-kunang—memberikan kesan dreamy dan whimsical bagi kamar Anda.

Dengan harga mulai dari Rp30 ribu di ragam situs belanja online, suasana kamar kos Anda bisa berubah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

2 dari 6 halaman

Stiker Dinding

Sederhana, tapi bisa langsung mengubah tampilan di suatu ruangan. Apalagi, kalau bukan stiker dinding. Modelnya beragam dan bisa menutup permukaan dinding yang retak dengan cantik. Harganya pun dimulai dari puluhan ribu rupiah saja, lho.

Meski sederhana, pastikan Anda mengaplikasikannya dengan tepat. Dikutip dari laman wayfair.com, langkah pertama sebelum menempelkan stiker tentu saja adalah membersihkan dinding dari debu dan kotoran lainnya menggunakan lap basah atau spons.

Pasalnya, debu yang menempel bisa membuat daya lekat stiker berkurang. Selain itu, pastikan dinding sudah kering saat stiker dinding mulai ditempelkan. Stiker juga akan melekat sempurna pada dinding yang halus dibandingkan dinding yang bertekstur.

Selanjutnya, atur stiker di lokasi yang diinginkan. Pasang stiker secara terbalik untuk menandai lokasi yang hendak dipasang dengan pensil atau pulpen. Bila perlu, Anda bisa menggunakan meteran agar stiker terlihat lurus.

Langkah ketiga adalah menempelkan stiker dinding secara perlahan-lahan dari atas ke bawah. Tempatkan dengan kemiringan 45 derajat saat melepaskan kertas pelapis ke dinding. Tekan-tekan stiker agar tak ada gelembung udara di bawah stiker. Ulangi proses tersebut dua kali.

Kini, stiker Anda menempel dengan apik dan manis.

3 dari 6 halaman

Foto Dekorasi

Menambahkan sentuhan lebih pribadi dengan menggantung foto juga bukan ide buruk. Pilih momen-momen yang bisa jadi mood booster Anda. Sebagai pelengkap, tali dan penjepit fotonya bisa dibeli mulai dari harga Rp 10 ribu.

Kumpulan foto juga bisa ditata dengan bentuk unik, hati misalnya. Buat pola terlebih dahulu sebelum menempelkannya di dinding. Anda bisa menempatkan di sudut atau di dinding panjang. Setelah itu, susun foto-foto pilihan sesuai pola dengan menempelkannya di dinding menggunakan double tape

Bila punya bujet lebih, Anda bisa membeli frame beragam bentuk. Tempatkan di dinding dengan kreatif agar bisa mempermanis ruangan. Bila ibu kos melarang dinding dipaku, Anda bisa mengakalinya dengan membuat frame bayangan menggunakan washi tape.

 

4 dari 6 halaman

Tapestry

Kalau Anda tengah digandrungi bohemian vibes, maka menggunakan tapestry sebagai dekorasi di kamar kos sangat mungkin dilakukan. Pilih padanan warna yang sesuai dengan selera Anda. Perubahan ini hanya merogoh kocek mulai dari Rp 70 ribu.

5 dari 6 halaman

Beli Keset Unik

Satu lagi barang yang terlihat sederhana, tapi bisa mengubah penampilan kamar kos Anda. Ya, keset dengan ragam warna dan pattern unik bisa jadi satu sentuhan baru di sana.

Di beberapa situs belanja online, barang ini bisa didapatkan di kisaran mulai dari puluhan ribu rupiah. Lebih hemat dibandingkan Anda membeli karpet. Perawatannya juga lebih mudah.

Anda bisa mencucinya dengan sikat sesekali agar terjaga kebersihannya. Bila belum masuk jadwal mencuci, jangan malas untuk menyikatnya atau membeli roller untuk membersihkan rambut atau bulu-bulu hewan kesayangan yang menempel.

 

6 dari 6 halaman

Buat Mural Sederhana

Hiasan sederhana ini bisa Anda buat menggunakan karton atau kalau ingin lebih simpel, paper circle. Supaya melekat di dinding dengan lebih baik, Anda bisa menggunakan selotip yang biasa dipakai untuk menggantung lukisan. Jadi, mana yang kira-kira ingin coba taruh di kamar kos untuk mengubah suasana?

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Simpel Ubah Suasana Rumah Hanya dalam 1 Hari
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Merawat Sukulen yang Benar