Sukses

Ramaikan Asian Games, Kerajaan Arab Saudi Tebar 6 Ton Kurma ke Indonesia

Ramaikan Asian Games, sebanyak 6 ton kurma asli Arab Saudi dari 10 jenis yang berbeda akan dibagikan secara cuma-cuma.

Liputan6.com, Jakarta Menyemarakan gelaran pesta olahraga Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang, Kerajaan Arab Saudi akan mendatangkan kurma asli yang biasa dipamerkan dalam The Saudi House, sebuah festival budaya yang bertujuan merayakan keragaman budaya Arab Saudi.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (24/8/2018), The Saudi House yang dihadirkan oleh Olimpiade Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi (GCA) akan memamerkan kurma dan memperkenalkan beragam jenisnya kepada warga di Jakarta. Tak hanya itu, pada kesempatan unik ini, semua orang juga bisa belajar dan mengetahui lebih jauh tentang buah asal tanah suci ini.

Acara ini terbuka untuk umum secara gratis, mulai 24-28 Agustus di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta mulai pukul 14.00 WIB.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurma dan Sejuta Manfaat

Kurma adalah bagian penting dari budaya Timur Tengah. Dianggap sebagai buah dengan sejuta manfaat sebagaimana disebutkan dalam Al Qur'an. Varietas kurma terbesar datang dari Kerajaan Arab Saudi. Negara ini memiliki lebih dari 400 jenis kurma dan menghasilkan 1,4 juta ton setiap tahunnya dimana 300.000 ton khusus untuk diekspor. Kurma dapat dipetik dan dimakan segar dari pohon, dikeringkan sebagai sirup manis, atau digunakan untuk membuat camilan dengan isian seperti almond, kenari, pecan, atau ditutupi dengan cokelat dan dilapisi sirup. Beberapa varietas juga ideal untuk digunakan dalam kue kering, kue, salad, smoothie, atau masakan yang dimasak.

Yang lebih penting, kurma bukan saja makanan yang lezat, buah ini juga sumber nutrisi yang penting, kaya energi dan mineral. Menurut para ahli dari Universitas Al Qassim di Arab Saudi, kurma memiliki sifat menyembuhkan dan nilai gizi yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit karena mengandung mineral penting seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Kurma juga efektif untuk menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi, dan menghilangkan rasa lelah. Kurma merupakan sumber zat besi alami. Buah kecil ini memberikan 583% lebih banyak zat besi dibandingkan dengan anggur, 700% lebih banyak dibandingkan dengan apel, dan 1166% lebih dari apel.

 

3 dari 3 halaman

Mengenal Jenis Kurma

The Saudi House menawarkan kesempatan bagi para pengunjung untuk mencoba 10 jenis kurma yang berbeda dari jazirah Arab Saudi, termasuk kurma paling favorit, yaitu Sukkari. Dinamai berdasarkan kata Arab 'Sukar' yang berarti gula. Kurma yang dibawa oleh Saudi House ada dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk paket yang padat Kurma Sukkari hingga Kurma yang sudah di keringkan. Jenis lain yang tersedia adalah Barhi, Nabtit Ai, dan Rushodia.

Pameran kurma The Saudi House akan menyediakan 6 ton kurma yang secara khusus dikirim ke Indonesia oleh panitia The Saudi House. Pengunjung  berkesempatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang buah ini. Lebih dari itu, ahli dari Universitas Al Qassim dihadirkan juga untuk berbagi fakta menarik soal kurma. Bagaima apakah Anda tertarik mencoba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.