Sukses

Tips Mudik Lebaran dengan Anggaran Hemat dan Nyaman

Ingin mudik lebaran dengan anggaran hemat dan nyaman? Ini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang harus disiapkan sebelum pulang kampung jelang lebaran atau yang lebih dikenal dengan mudik. Mulai dari membeli tiket jauh-jauh hari, hingga menentukan tempat penginapan jika memang harus terpisah dengan keluarga besar saat berada di kampung halaman.

Agar Anda tidak mengeluarkan anggaran yang terlalu berlebihan saat mudik nanti, berikut beberapa tips yang dilansir dari Cashbac agar perjalanan mudik Anda tetap nyaman namun hemat.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Untuk Anda yang memang terbiasa membawa kendaraan sendiri saat mudik, kondisi kendaraan menjadi faktor yang sangat penting. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, mulai dari kondisi mesin, kaki-kaki, hingga roda. Jangan lupa periksa juga kelayakan kondisi aki, jangan sampai di tengah perjalanan Anda malah menjadi kesusahan dan harus mengeluarkan uang lebih karena kondisi kendaraan yang kurang baik.

2. Bawa Makanan dari Rumah

Sepele namun penting. Jika Anda menganggap makanan bisa dibeli ditengah perjalanan, ada baiknya Anda mengurangi niat tersebut. Kenapa? Karena terkadang beberapa makanan yang dijual sepanjang perjalanan memiliki harga yang lebih mahal dari biasanya. Selain harga masih banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan mengapa membawa makanan dari rumah akan lebih menguntungkan seperti faktor kebersihan dan rasanya yang akan lebih terjamin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ambil Uang dalam Jumlah yang Pas

Memang ada potensi bahaya jika membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak karena dikhawatirkan adanya tindakan kejahatan. Namun jika tetap waspada di mana saja Anda berada, mengambil uang tunai dalam jumlah yang pas dan dibawa seluruhnya justru akan memberikan manfaat. Apa pengaruhnya? Tidak lain karena Anda akan terlatih untuk melihat berapakah sisa uang yang dimiliki dan masih bisa digunakan. Hal ini juga dapat mengurangi perilaku konsumtif membeli beberapa keperluan yang sekiranya memang kurang penting.

 

3 dari 3 halaman

4. Manfaatkan Promo Sepanjang Perjalanan

 

Tidak ada yang salah dengan promo. Selama Anda menggunakannya dengan bijak, promo akan memberikan banyak manfaat. Anda bisa memanfaatkan promo yang langsung diberikan oleh toko tempat Anda berbelanja. Namun jika ada kesulitan mencari promo di daerah tertentu, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pendukung yang akan memberikan promo tambahan untuk mengurangi pengeluaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.