Sukses

Pilihan Menu Sahur Praktis di Bulan Ramadan

Berikut beberapa pilihan menu sahur sehat dan praktis selama bulan ramadan.

 

Jakarta Setiap orang pasti mengutamakan kepraktisan bila sedang mempersiapkan menu sahur di bulan ramadan. Selain itu menu sahur yang Anda sajikan juga harus bergizi dan bernutrisi agar tubuh dapat menjalankan puasa dengan maksimal seharian.

Optimalkan pilihan menu sahur Anda di bulan ramadan agar dapat menjadi energi bagi tubuh untuk menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh. Dirangkum dari blog Bukalapak berikut ini ada lima inspirasi menu sahur praktis dan menyehatkan yang bisa dikonsumsi dan menjadi pilihan selama bulan ramadan.

1. Nasi atau Roti

Di waktu sahur, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup sebagai asupan energi. Itu karena karbohidrat berfungsi untuk memproduksi cadangan energi yang akan digunakan untuk beraktivitas selama berpuasa. Kalau tak ingin makan nasi, kamu bisa memilih roti gandum yang punya serat lebih banyak untuk mengamankan pencernaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahu dan Telur

2. Tahu dan Tempe

Makanan murah meriah dan menyehatkan ini memang sudah jadi ciri khas orang Indonesia. Tahu dan tempe jadi menu favorit karena mengandung protein tinggi yang juga mengenyangkan karena daya serapnya yang lebih lambat dibandingkan karbohidrat.

3. Telur

Telur termasuk makanan favorit semua orang kaena mudah dbuat dan banyak variasi sajiannya. Telur sangat baik untuk sarapan, begitu juga dengan sahur.

Anda bisa menyantap telur rebus, dadar, scrambled atau ceplok dengan nasi putih atau roti gandum. Kombinasi protein dan karbohidratnya bisa membuatmu terasa lebih kenyang sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Oatemal dan Susu

4. Oatmeal

Satu lagi menu sahur yang praktis dan sehat adalah oatmeal atau bubur gandum. Dengan kandungan gula yang rendah dan protein tinggi dari gandum, Anda bisa menahan lapar lebih lama dengan asupan energi yang relatif stabil. Cara pembuatannya pun mudah dan cepat. Tambahkan potongan buah agar kian kaya akan vitamin.

5. Susu

Buat melengkapi persediaan energi, sebaiknya minum susu sebelum menutup sahurmu. Kandungan kalsium yang tinggi akan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita saat berpuasa.

Anda juga akan memiliki cukup gizi saat beraktivitas seharian dengan mengonsumsi minuman yang satu ini. Ada baiknya pilih susu yang rendah lemak dan rendah gula. Selamat menjalankan ibadah sahur dan puasa di bulan ramadan tahun ini.

Penulis: henryhens

Sumber: Bintang.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.