Sukses

Kreasi Tenun Endek Buka Bali Fashion Trend 2019

Di Bali Fashion Trend 2018, BI mempersembahkan fashion show kreasi tenun kolaborasi SME dan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) telah lama membina usaha kecil dan menengah di Bali, termasuk di bidang kerajinan tenun. Di Bali Fashion Trend 2018, BI mempersembahkan fashion show kreasi tenun kolaborasi SME dan Indonesian Fashion Chamber (IFC). Fashion show itu pun membuka malam perhelatan fashion paling ditunggu di Pulau Dewata itu pada Jumat (11/5/2018).

Pertunjukkan dibuka oleh sebuah video yang menceritakan bagaimana penenun membuat karyanya. Menenun helai demi helai benang hingga membentuk kain.

Terlihat bagaimana gerak jemari memilin, menggulung dan membentang benang, membuat suara gemerisik seiring dengan bebunyian hentakan sekoci dan palang kayu, bagai simfoni kreativitas dan keterampilan serta rasa cinta dalam nuansa menenun.

Kain tenun pun diproduksi di segala pelosok negeri. Di Bali, tenun endek lah yang menjadi ciri khas. Oleh para desainer IFC di Bali Fashion Trend 2019, kain tersebut diramu menjadi busana-busana indah, modern, dari gaya formal hingga kasual. Desainer-desainer tersebut antara lain Ali Charisma, Andika Tarum, Elfi Lila, dan Dwico. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kreasi Tenun Endek Buka Bali Fashion Trend 2019

Tenun dengan berbagai warna, seperti hijau, merah, kuning, hitam, bahkan ada pula yang diwarnai dengan pewarna alami sehingga warnanya begitu natural seperti cokelat dan abu-abu gelap menjadi bahan utama.

Tenun dibuat menjadi berbagai macam piece pakaian dari mulai top, cropped top, loose cut top, celana palazo, kulot, shorts, skirt, dress, hingga outer. 

 

3 dari 3 halaman

Kreasi Tenun Endek Buka Bali Fashion Trend 2019

Tenun pun digabungkan dengan berbagai macam kain lainnya, seperti batik, lurik, chiffon, hingga tule. Tenun diharapkan menjadi bahan pakaian yang tak hanya dikenakan di acara formal, tetapi bisa juga untuk tampil fashionable di acara apapun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.