Sukses

Desain Batik Kekinian dalam Koleksi Ramadan Desainer Khanaan

Mengemas motif batik kontemporer dan kekinian, desainer Khanaan merancang modest wear koleksi Ramadan untuk anak muda.

Liputan6.com, Jakarta Batik merupakan kekayaan budaya Indonesia. Untuk membuat generasi muda menggunakan batik sehari-hari, desainer modest wear Khanaan Shamlan mengeksplorasi motif batik sehingga lebih kekinian.

Desainer yang dikenal dengan penggunaan batiknya ini, menghadirkan koleksi modest wear dengan motif batiknya bertajuk Kemala. Koleksi ini merupakan kolaborasi dengan e-commerce Zalora untuk edisi menyambut Ramadan.

Khanaan menghadirkan koleksi yang terinspirasi dari motif batik tradisional khas Pekalogan, yaitu Jlamprang. Kemala dipilih sebagai nama koleksi Ramadan kali ini karena terinspirasi dari bentuk bunga lotus atau biasa yang disebut Kemala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koleksi batik Khanaan untuk Ramadan

Koleksi ini menggambarkan motif geometris yang direalisaikan ke dalam teknik batik pada busana ready to wear. Warna-warna lembut seperti nude, biru muda, merah bata, dan kuning dipadukan dengan penggunaan material seperti silk dan georgette yang memberikan kesan elegan.

"Motif batik Jlamprang yang digunakan terinspirasi dari bentuk bunga lotus yang merupakan pengembangan motif potola dari India. Pada koleksi eksklusif dengan Zalora kali ini, saya ingin membuat koleksi batik yang dapat ditujukkan kepada generasi muda,” kata Khanaan Shamlan.

3 dari 3 halaman

Koleksi batik Khanaan untuk Ramadan

Motif batik kontemporer yang digunakan oleh Khanaan Shamlan memberikan kesan stylish. Hal ini menjadi cita-cita Khanaan agar batik bukan hanya dipandang sebagai busana yang terkesan tua di dalam negeri dan suvenir di luar negeri.

"Batik kontemporer ini bisa dinikmati oleh anak muda. Memberikan image batik lebih yang modern," tutup Khanaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.