Sukses

3 Tanda Anda Terlalu Stres hingga Mengganggu Waktu Tidur

Liputan6.com, Jakarta Stres tentu akan mempengaruhi kualitas tidur. Namun, bagaimana dan mengapa persisnya? Pada dasarnya, stres akan meningkatkan rangsangan fisiologis dan psikologis Anda dengan cara yang tidak sesuai kebutuhan tubuh dan pikiran untuk tidur.

Jadi, ketika stres, biasanya Anda akan sulit tidur. Melansir dari sleepfoundation.org, Selasa (17/4/2018), berikut ini adalah beberapa tanda Anda terlalu stres untuk tidur dan cara mengatasinya. Penasaran?

1. Anda tidak bisa berhenti memikirkan sesuatu 

Ketika stres, Anda terus menerus merasa khawatir dan frustasi, merenungkan segala hal dari berbagai sudut. Ini hampir seperti putaran yang terus menerus mengganggu kemampuan Anda untuk tidur nyenyak di malam hari.

 

 

2 dari 3 halaman

Tanda Anda terlalu stres untuk tidur

2. Otot Anda terasa sangat tegang

Jika Anda mengalami ketegangan otot dan sakit pada bagian leher, bahu, atau kepala, maka ini bisa jadi tanda dari stres. Jika tidak diatasi, maka akan menyebabkan rasa sakit yang lebih hebat lagi di hari berikutnya.

3 dari 3 halaman

Tanda Anda terlalu stres untuk tidur

3. Jantung berdetak kencang

Detak jantung adalah gejala stres yang umum terjadi, karena peningkatan kadar kortisol. Ketegangan fisik yang lebih besar akan meningkatkan gairah efek otonom yang tidak kondusif untuk tidur dengan baik.

Cobalah untuk menghabiskan beberapa waktu melakukan latihan relaksasi atau pernapasan sebelum tidur di malam hari untuk membantu tubuh dan pikiran keluar dari rasa stres. Anda bisa memilih antara mandi air hangat atau meminum secangkir teh bebas kafein untuk tidur lebih baik di malam hari.

Artikel Selanjutnya
Benarkah Kebiasaan Tidur Dapat Membuat Lebih Tua dari Sebenarnya?
Artikel Selanjutnya
Cara Terbaik Usir Stres dalam 5 Menit