Sukses

Daniela Vega, Transgender Pertama sebagai Presenter Oscar 2018

Liputan6.com, Jakarta Daniela Vega adalah wajah baru yang terlihat di antara para presenter Piala Oscar 2018. Seperti presenter Oscar lainnya di tahun ini, Daniela Vega merupakan salah satu bintang yang mendapatkan nominasi.

Daniela Vega membintangi film A Fantastic Woman yang digarap Sebastian Lelio. A Fantastic Woman mendapatkan nominasi sebagai film berbahasa asing terbaik di Piala Oscar 2018. Awalnya, Daniela Vega bukan bintang dalam film tersebut. Namun, sang sutradara melihat sesuatu dalam dirinya sebagai seorang aktris utama, seperti dilansir dari nj.com, Senin (5/3/2018).

Inilah untuk pertama kalinya dalam sejarah Oscar ada seorang transgender yang menjadi presenter. Daniela Vega bergabung dengan kelompok presenter lainnya, seperti Lin Manuel Miranda, Tiffany Haddis, Gal Gadot, dan Mahershala Ali.

Sebelumnya, nama Daniela Vega disebutkan menjadi nominasi potensial Oscar, menjadikannya transgender pertama yang dinominasikan menjadi aktris terbaik. Hal lain yang menarik dari Oscar 2018 adalah Jordan Peele, sutradara kulit hitam pertama yang dinominasikan sebagai sutradara terbaik, dan dalam kategori yang sama Greta Gerwig bisa menjadi sutradara wanita terbaik di Piala Oscar 2018.

 

 

1 dari 3 halaman

Siapa sosok Daniela Vega?

Daniela Vega bermain sebagai Marina, penyanyi opera transgender dan seorang pelayan dalam film A Fantastic Woman. Sedangkan Reyes yang bermain peran sebagai Orlando, kekasih dari Marina, tiba-tiba meninggal dunia dan Marina harus berhadapan dengan berbagai reaksi keluarga kekasihnya tentang identitas transgendernya.

Kepada Los Angeles Times, Daniela Vega mengaku bahwa dirinya berubah di usia 17 tahun. Situasi sosial dan politik di Cile tidak berbeda jauh dengan di Amerika Serikat. Banyak orang masih merasa aneh ketika harus berhadapan dengan transgender.

Suara yang ada di film A Fantastic Woman juga merupakan suara asli dari Daniela Vega. Dirinya mengaku telah belajar menyanyi sedari kecil.

2 dari 3 halaman

Siapa sosok Daniela Vega?

A Fantastic Woman berhasil mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk Berlinale Film Festival. Daniela Vega sendiri pernah memenangi penghargaan aktris terbaik di Palm Springs International Film Festival, serta Mexico's Fenix Film Awards.

Sebenarnya perjalanan Daniela Vega dimulai sebagai penasihat kehidupan transgender di Santiago dalam film tersebut. Setelah berbicara dengan Daniela Vega melalui Skype, Sebastian justru merasa bahwa Daniela bisa menjadi pusat dari film yang digarapnya.

Artikel Selanjutnya
Perjuangan Aktor Tampan Armie Hammer untuk Datang ke Piala Oscar 2018
Artikel Selanjutnya
Menangkan Aktris Terbaik, Frances McDormand Pernah Sabet Piala Oscar 1997