Sukses

8 Kesalahan Saat Tidur yang Bisa Merusak Kulit dan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Disadari atau tidak, Anda bisa melakukan kesalahan paling umum saat tidur di malam hari, yang bisa sebabkan kerusakan pada kulit dan rambut. Semua perawatan yang Anda lakukan selama ini akan sia-sia jika Anda tidak mengetahui hal ini.

Dilansir dari shefinds.com, Sabtu (20/1/2018), berikut ini adalah beberapa kesalahan saat tidur yang bisa merusak kulit dan rambut. Penasaran?

1. Tidak mencuci muka sebelum tidur

Mencuci muka sebelum tidur berfungsi untuk menghilangkan semua makeup dan kotoran. Kecuali Anda mengganti sarung bantal setiap hari, pikirkan bagaimana semua bakteri menempel di bantal Anda di malam hari.

2. Tidak sering mengganti sarung bantal

Berbicara tentang sarung bantal, seberapa sering Anda mencucinya? Penumpukan kotoran di sarung bantal dari waktu ke waktu merupakan penyebab utama dari pori- pori terseumbat.

Gantilah sarung bantal sekali atau dua kali seminggu, terutama jika Anda memiliki kulit berjerawat. Selain itu, usahakan setiap pagi membersihkan tempat tidur untuk memastikan tidak ada kotoran di atasnya.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Kesalahan saat tidur yang bisa merusak kulit dan rambut

3. Menggunakan sarung bantal yang kasar

Penggunaan sarung bantal kasar dalam jangka panjang bisa menyebabkan keriput, kerusakan kolagen, dan jerawat. Cobalah menggunakan sarung bantal sutra atau satin untuk meminimalisir kerutan di wajah dan tanda kompresi permanen.

Sutra bisa mempertahankan kelembapan, ditambah dengan kandungan tembaga yang tinggi di dalam serat sutra yang dapat membantu mengurangi tampilan garis halus pada wajah. Sedangkan bahan kapas dapat menyebabkan pergangan prematur yang berubah menjadi keriput.

Sarung bantal kasar juga bisa menyebabkan kerusakan serius pada rambut, membuat rambut menjadi keriting. Sudah mengganti sarung bantal Anda?

4. Tidak menggunakan produk perawatan yang tepat di malam hari

Malam hari sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk mencoba krim atau masker, menghidrasi kulit. Carilah produk yang berbahan dasar botani, akan mempertahankan kesegaran dan kelembutan kulit.

3 dari 4 halaman

Kesalahan saat tidur yang bisa merusak kulit dan rambut

5. Tidur menghadap salah satu sisi atau telungkup

Tidur dengan posisi ini akan membuat garis-garis halus di sekitar kulit wajah, sedangkan tidur telungkup akan menyebabkan keriput kompresi karena tekanan.

Cobalah tidur telentang dan letakkan bantal di bawah lutut Anda. Bagaimana posisi tidur Anda setiap malam?

6. Melonggarkan rambut saat tidur

Melonggarkan rambut saat tidur akan memindahkan minyak ke sarung bantal dan kulit Anda. Cobalah mengepang rambut sebelum Anda tidur di malam hari.

4 dari 4 halaman

Kesalahan saat tidur yang bisa merusak kulit dan rambut

7. Tidak cukup tidur

Memiliki waktu yang tidur yang cukup setiap hari sangat penting untuk kesehatan Anda. Berusahalah untuk mendapatkan waktu tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam.

8. Memiliki kebiasaan tidur yang buruk

Jangan minum air putih satu jam sebelum tidur, karena hanya akan menyebabkan kulit membengkak di pagi harinya, terutama di bagian mata. Selain itu, banyak orang tidak melakukan latihan pernafasan sebelum tidur untuk meningkatkan pengiriman oksigen ke otak, paru-paru, dan setiap sel di dalam tubuh.