Sukses

Cari Rumah Kos Lebih Mudah dengan Aplikasi Buatan Anak Muda Bali

Liputan6.com, Jakarta Pengalaman sulitnya mencari rumah kos yang sesuai di kantong dan kebutuhan membuat I Wayan Adisthana mengembangkan startup Cari-Kos.com. Di tangan pemuda asal Bali ini, mencari rumah kos di seluruh wilayah Indonesia kini semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi startup ini didukung data akurat, yang memudahkan dan mempercepat pencarian rumah kos idaman.

“Pengalaman pribadi saya waktu kuliah di Jakarta, saya harus keliling-keliling seputar kampus untuk mencari tempat kos, itu cukup melelahkan,” ungkap Adhistana, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/12/2017).

Lebih jauh dirinya mengatakan, kebutuhan orang akan rumah kos terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya rumah kos yang bermunculan di sekitar kampus, perkantoran, pusat belanja, hingga di area perumahan warga.

Fenomena ini terjadi karena peningkatan jumlah penduduk, pencari kerja, dan mahasiswa dari luar kota yang membutuhkan rumah kos.

“Tentunya tidak semua mampu memiliki hunian sendiri. Dan, kos menjadi pilihan sebagai tempat hunian sementara. Nah, dengan aplikasi Cari-Kost.com ini akan memudahkan orang yang mencari kos dan memilihnya sesuai bajet dan selera,” ujar Adis.

 

 

1 dari 3 halaman

Sejak 2015

Adhistana yang juga lulusan teknik informasi di salah satu kampus swasta di Jakarta mengatakan, startup Cari-Kos.com sudah mulai dikembangkannya sejak 2015. Kala itu dirinya masih menggunakan CMS Osclass untuk mempercepat waktu pengerjaan.

Lalu, pada awal 2017 mulai dikembangkan dengan teknologi website yang lebih mumpuni. Hingga sekarang, pengembangan sudah pada tahap aplikasi Android dan iOS. Cari-Kos.com sudah memiliki izin usaha dengan nama PT Cari Kos Nusantara.

“Salah satu keunggulan dari aplikasi ini selain data yang lengkap dan akurat adalah pencari kos dapat melihat kos terdekat di sekitar mereka dengan fitur ‘Kost Terdekat’. Selain itu, pencari kos juga dapat langsung bertukar pesan kepada pemilik kos melalui aplikasi. Dan, tentunya dalam aplikasi terdapat tampilan peta untuk memudahkan pencari kos menemukan kos yang diinginkan saat survei lokasi,” ungkap Adis menjelaskan.

 

2 dari 3 halaman

Fitur-Fitur Unggulan

Aplikasi Cari-Kost.com saat ini juga telah memiliki beberapa fitur unggulan, yang bisa memudahkan dan mempercepat para pencari rumah kos, antara lain Pencarian Kost Terdekat, Pencarian dengan Google Maps, Pencarian Spesifik Lokasi, Peta, Detail Kost, Simapn Kost, Kirim Pesan, dan Push Notification Pesan.

Sampai saat ini, ada lebih dari 4.500 users yang tergabung di Cari-Kost.com, baik sebagai pencari maupun pemilik rumah kos itu sendiri. Sementara itu, ada sekitar 1300 lebih listing kost yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Malang, Denpasar, dan lain-lain.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Aroma Tak Sedap dari Kamar Kos Ternyata...
Artikel Selanjutnya
Temuan Mengejutkan dari Bau Nasi Busuk di Kamar Kos