Sukses

Berbentuk Unik, Situs Warungboto Jadi Objek Wisata Baru di Jogja

Bentuknya yang unik membuat situs Warungboto atau yang dikenal dengan Pesanggrahan Rejowinangun mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Liputan6.com, Yogyakarta Situs Warungboto yang ada di Jalan Veteran No 77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi pilihan warga untuk berwisata. Bahkan situs yang dikenal dengan sebutan "Pesanggrahan Rejowinangun" itu mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Agus Eko Suranto, Juru Pelihara Situs Warungboto mengatakan, situs ini setiap harinya mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal, terutama pelajar dan mahasiswa. Tiap hari setidaknya ada puluhan wisatawan yang datang berkunjung ke situs ini.

"Kapan ya yang jelas bulan Desember 2016 lalu kita sudah mulai buka untuk wisatanya. Sekarang mulai banyak dikunjungi. Kebanyakan domestik dan pelajar," ujar Agus kepada Liputan6.com, Selasa (18/4/2017).

Menurut Agus, situs Warungboto menarik perhatian banyak orang karena bentuk bangunannya yang unik. Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama sendiri terbagi menjadi dua bagian, meliputi ruang pengimaman dan kolam

"Yang disitu itu karena dulu tempat buat istirahat kerabat Kraton. Ada kolamnya," ujar Agus.

Situs Warungboto berlokasi di Jalan Veteran No 77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Mariska Dewi Widowati, salah satu pengunjung Warungboto mengatakan, ia bersama teman temannya sengaja melihat situs ini karena arsitekturnya yang unik. 

"Pingin ke sini ramai. Baru pertama kali ini datang ke sini. Bangunan seperti ini suka, artistik buat foto juga bagus. Sayang kurang perawatan, kalau kebersihan lumayan bersih," kata Mariska.

Situs Warung Boto merupakan situs bersejarah yang dibangun di era Hamengku Buwono II. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Mariska berharap, situs bersejarah ini dikelola dengan maksimal sehingga wisatawan yang datang bisa mendapatkan informasi mendalam tentang serajarah situs Warungboto.

"Ya kita tahu ini era HB II. Tapi petunjuk ruangan ini dulu dipakai untuk apa. Kurang jelas. Belum ada keterangannya," ujar Mariska. (Yanuar H)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini