Sukses

4 Resep Nasi Goreng Warna-Warni Bekal Favorit Si Kecil

Ingin menyajikan nasi goreng untuk bekal pagi si kecil? Simak di sini resep untuk membuat nasi goreng warna-warni.

Liputan6.com, Jakarta Nasi goreng menjadi santapan favorit di Indonesia. Entah karena mudah membuatnya sekaligus mempunyai rasa yang lezat.

Meski sebenarnya tidak ada waktu tertentu untuk makan nasi goreng. Nasi goreng dapat menjadi menu sarapan pagi maupun makan malam.

Anda ingin membuat menu nasi goreng yang berbeda? Coba resep nasi goreng warna-warni yang sehat, nikmat, dan mudah dibuat;

1. Nasi goreng hijauSelain dari segi warna, nasi goreng hijau juga menarik dari bahan dasarnya. Adalah cabai hijau yang selalu mampu menggugah selera. Jika anak Anda tidak suka rasa yang terlalu pedas, tinggal menyesuaikan saja.

Bahan-bahannya:600 gram nasi putih atau untuk dua piring50 gram sawi hijau yang dipotong per 2 sentimeter2 lembar daun jeruk1 sendok makan margarin50 gram teri Medan goreng untuk taburan60 gram cabe hijau keriting8 butir bawang merah2 siung bawang putih1/2 sendok teh gula pasir1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya:- Tumbuk cabai hijau, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam sampai halus. - Setelahnya, tumis bumbu halus ini dengan daun jeruk dan margarin hingga matang.- Masukkan sawi dan masak hingga layu.- Baru masukkan nasi, aduk rata, masukkan Royco ayam, kemudian aduk rata.- Terakhir, sajikan nasi goreng dengan taburan teri medan di atasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasi goreng hitam

2. Nasi goreng hitamWarnanya mungkin tidak menarik atau membuat Anda tidak bernafsu memakannya. Namun, bagi Anda pecinta makanan laut, mungkin bahan dasar cumi dapat sedikit menarik perhatian.

Bahan-bahannya:2 piring nasi putih5 ekor cumi ukuran sedang yang direbus menggunakan garam3 batang daun bawang yang diiris2 siung bawang putih yang digeprek atau dihaluskan2 sendok makan minyak goreng1 sendok makan minyak wijen1 sendok makan saus4 sendok makan kecap manisGaram secukupnyaBawang goreng secukupnya

Cara membuatnya :- Siapkan nasi dan cumi.- Iris cumi kecil-kecil atau ukuran sesuai selera.- Ambil tinta cumi, masukkan ke dalam nasi, lalu aduk hingga rata.- Tumis bawang putih dan daun bawang yang telah diiris hingga layu.- Masukkan potongan cumi, kemudian aduk hingga wanginya dapat tercium.- Masukkan nasi, aduk hingga rata, kemudian tambahkan garam, kecap, saus, minyak wijen, dan sedikit penyedap.- Terakhir, sajikan nasi goreng dengan taburan bawang goreng di atasnya.

3 dari 4 halaman

Nasi goreng merah

3. Nasi goreng merahNasi goreng merah adalah makanan khas Makassar, yang warna merahnya didapatkan dari tomat, sehingga sangat tepat jika disajikan untuk bekal si kecil.

Bahan-bahannya:2 buah tomat merah1 sendok makan minyak goreng3 siung bawang putih yang dihaluskan1/2 bawang bombai yang dicincang kasar100 gram udang kupas, dipotong atau utuh tergantung selera75 gram wortel yang dipotong dadu 1/2 sentimeter dan direbus50 gram jagung manis yang direbus dan dipipil5 batang buncis yang disiangi dan dipotong bulat 1/2 sentimeter, kemudian direbus1 batang daun bawang yang diiris tipis1 sendok makan pasta tomat1/2 sendok teh merica bubuk1 sendok teh garam2 piring nasi putih1 sendok teh kecap asin

Cara membuatnya:- Buang pangkal tomat, lalu rebus tomat sampai matang. Angkat, kupas, cincang kasar, lalu saring. Ambil sari tomat yang segar, lalu sisihkan.- Masukkan minyak dan sari tomat ke wajan, masak sampai cairan mengering.- Tambahkan bawang putih dan bawang bombai, tumis sampai wangi.- Masukkan ikan atau udang, jagung, buncis, daun bawang, kemudian aduk rata.- Bumbui dengan pasta tomat dan merica bubuk.- Masukkan nasi, aduk hingga rata.- Setelah nasi tampak berbulir-bulir, bumbui dengan garam dan kecap asin, dan aduk sampai rata.- Sajikan dengan bumbu penyedap sesuai selera Anda.

4 dari 4 halaman

Nasi goreng kuning

4. Nasi goreng kuningNasi goreng kuning adalah masakan olahan nasi dengan cita rasa khas nusantara yang kental. Nasi goreng ini dibuat dengan bahan dasar kunyit, sehingga dapat menjadi bekal si kecil yang istimewa.

Bahan-bahannya:400 gram nasi (jangan nasi pulen)2 sendok makan minyak goreng250 gram daging ayam yang dipotong-potong atau disuwir100 gram udang kupasKaldu bubuk (rasa dan takaran sesuai selera)Minyak sayur (boleh diganti dengan margarin)

Bumbu halus:5 butir bawang merah2 siung bawang putih1/2 ruas kunyit yang diparut1 buah cabai merah ukuran besar1 sendok makan irisan serai yang diambil bagian putihnya saja1 sendok teh garam1 sendok teh gula pasir

Cara membuatnya:- Panaskan minyak, tumis semua bumbu halus hingga harum.- Masukkan daging ayam dan udang, lalu aduk hingga matang.- Masukkan nasi dan kaldu bubuk, aduk hingga nasi panas.- Sajikan nasi dengan bumbu penyedap sesuai selera Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini