Sukses

Potret Keakraban Leonardo DiCaprio Dicium Gajah di Aceh

Kerennya gaya kasual Leonardo DiCaprio saat mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh Tenggara. Gajah pun menyukainya

Liputan6.com, Jakarta Kunjungan aktor Hollywood Leonardo DiCaprio ke Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh Tenggara menyita perhatian dunia. Selain berlibur, Leo, begitu sapaan akrabnya melakukan observasi keanekaragaman spesies langka di Stasiun Penelitian Ketameb, yang merupakan salah satu hutan hujan terbesar di Asia Tenggara. Leo memang dikenal sebagai aktivis lingkungan yang gencar mengkampanyekan perubahan iklim.

Melalui akun instagram pribadinya, @leonardodicaprio pemain film The Revenant ini mengunggah fotonya berpose dengan dua ekor gajah Sumatera. Dalam foto, Leo tampil kasual dengan kaus hijau V-neck dan celana cargo hitam.

Ia memakai topi navy blue yang dibalik dan kacamata hitam untuk melindungi wajah sekaligus bikin penampilannya makin keren. Serta, sepatu gunung yang gaya dan memudahkannya menjelajah hutan. Ia menarik bibirnya dan tangan kirinya tampak memegang belalai salah satu gajah.

 

The lowland #rainforest of the Leuser Ecosystem are considered the world’s best remaining habitat for the critically endangered Sumatran #elephant. In these forests, ancient elephant migratory paths are still used by some of the last #wild herds of Sumatran elephants. But the expansion of Palm Oil plantations is fragmenting the #forest and cutting off key elephant migratory corridors, making it more difficult for elephant families to find adequate sources of food and water. The Leonardo DiCaprio Foundation is supporting local partners to establish a mega-fauna sanctuary in the Leuser Ecosystem, last place on Earth where Sumatran orangutans, tigers, rhinos and elephants coexist in the wild. Click the link in the bio to stand with @haka_sumatra as they fight to protect the Leuser Ecosystem. #SaveLeuserEcosystem #Indonesia

A photo posted by Leonardo DiCaprio (@leonardodicaprio) on

Jika diperhatikan lagi, gajah di samping Leo terlihat menyedot celana Leo dengan belalainya. Selain untuk bernapas, belalai juga mempunyai fungsi untuk mencium, menyentuh, makan, dan minum. Gajah yang sedang kawin juga akan membelai satu sama lain dengan belalai mereka. Apakah ini pertanda gajah menunjukkan rasa cinta dan terima kasihnya pada Leo?

Dalam keterangan foto, Leo menulis, "Dataran rendah hutan hujan dari Ekosistem Leuser dianggap sebagai sisa habitat terbaik di dunia untuk gajah Sumatera yang terancam punah. Di hutan ini, jalur migrasi gajah purba masih dignakan oleh beberapa kawanan gajah Sumatera.

"Namun ekspansi perkebunan Kelapa Sawit yang memecah-belah hutan dan memotong koridor utama migrasi gajah membuat gajah lebih sulit untuk menemukan sumber yang cukup makanan dan air. Leonardo DiCaprio Foundation mendukung mitra lokal untuk membangun tempat perlindungan gajah di Kawasan Ekosistem Leuser, tempat tempat terakhir di bumi di mana orangutan sumatera, harimau, badak dan gajah hidup berdampingan di alam liar."

Selain gajah, Leo juga melihat program yang telah berjalan untuk penyelamatan orangutan. Seperti yang ditulis gunungleuser.or.id, Senin (28/3/2016), peraih Oscar itu beruntung bisa bertemu dengan tiga orangutan Sumatera (Pongo Abelii) dewasa di tempat yang tidak jauh dari kamp penelitian. Selama hampir dua jam, Leonardo Dicaprio, Adrien Brody, serta Fisher Stevens menyaksikan perilaku satwa liar yang 97 persen genetikanya mirip dengan manusia.

Leo juga terpukau dengan keindahan hutan Taman Nasional Gunung Leuser di SP Ketambe. Sahabat Kate Winslet beserta kedua rekannya juga mendengar suara rangkong, dan spesies burung lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini