Sukses

11 Tanda Anda Bukan Pribadi yang Palsu

Anda dapat menjadi diri sendiri dengan melakukan 11 hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Lingkungan pergaulan terkadang memengaruhi cara bertindak dan pola pikir seseorang. Semakin dewasa, semakin besar peran kehidupan sosial pada orang tersebut. Sampai terkadang, keadaan lingkungan bisa mengatur cara bertindak sampai membuat seseorang kehilangan kepribadiannya. Namun tenang saja, jika selama ini Anda terbawa arus kehidupan sosial tanpa mengetahui jati diri Anda sebenarnya, lakukan beberapa hal berikut. Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com, Kamis (17/3/2016), 11 hal ini membantu Anda agar dapat menjadi diri sendiri.

1. Kebahagiaan tidak dapat dibeli

Orang yang jujur kepada diri sendiri akan mengerti bahwa kekayaan dan barang mewah hanya kebahagiaan semu. Mereka juga tidak menilai orang lain berdasarkan barang yang dikenakan, karena mereka tidak menilai orang lain berdasarkan material.

2. Pengalaman hidup berharga

Pribadi yang jujur memahami bahwa kekayaan bukan dari harta benda, melainkan dari pengalaman hidup yang berharga. Anda tidak boleh menyerah dan harus selalu terbuka untuk belajar dari pengalaman hidup.

3. Pendengar yang baik

Orang yang menjadi diri sendiri akan berusaha mendengarkan keluh kesah orang lain. Mereka menjadi pendengar yang baik sebagai pernyataan bahwa mereka hadir untuk menemani orang tersebut. Mereka tidak selalu memberi saran akan keluh kesah teman dekatnya, namun mereka selalu siap mendengarkan.

4. Bertindak jujur

Pribadi ini tidak memberikan respon palsu hanya untuk menyenangkan orang lain. Mereka tidak melakukan tindakan yang mereka tidak suka untuk mengikuti tindakan orang di sekitarnya. Mereka berani memberi opini jujur dan menyatakan pemikiran mereka sendiri.

5. Tidak berusaha menyenangkan orang lain

Manusia tidak akan pernah terpisahkan dengan lingkungan sosial, sehingga sangat penting untuk sadar dan peduli akan lingkungan sekitarnya. Tapi, pribadi yang jujur tidak akan bersikap palsu untuk bisa diterima dalam suatu masyarakat. Ia akan tetap menjadi diri sendiri tanpa berusaha menyakiti perasaan siapapun.

6. Senang berbagi

Orang yang tulus adalah orang yang bahagia saat dapat berbagi dengan orang lain. Mereka tau dengan membantu orang lain, mereka membantu moral diri sendiri. Tak perlu memperlihatkan bantuan mereka di depan publik, mereka bisa memberikan bantuan dimana saja dan kapan saja.

7. Mencintai diri sendiri

Dapat melihat diri sendiri sebagai pribadi yang pantas dicintai. Mereka merawat dan menjaga kondisi tubuh mereka tetap sehat, karena tau bahwa tubuh mereka merupakan sesuatu yang patut dihargai, bukan dirusak.

8. Mampu mengakui kesalahan

Berani mengakui kekurangan dan kesalahan pada diri sendiri tak bisa dilakukan oleh semua orang. Jika Anda dapat melakukannya, Anda termasuk bisa menjadi pribadi yang jujur. Orang seperti ini tau bahwa diri mereka bukanlah pribadi yang sempurna dan berusaha memperbaikinya dengan menekan ego dalam diri mereka.

9. Menerima keberagaman

Opini yang berbeda pasti akan selalu ada. Orang yang tidak palsu menerima komentar dan saran yang disampaikan kepada dirinya. Mereka tidak menganggap pikiran mereka sebagai yang paling benar atau menganggap orang lain salah.

10. Tanggung jawab

Mereka tidak menyalahkan orang lain atas keadaan yang terjadi di dalam hidupnya. Mereka bertanggung jawab atas tiap tindakan yang diambil, baik kepada diri sendiri maupun terhadap orang lain.

11. Mengikuti kata hati

Di luar opini orang terhadap tindakan mereka, mereka lebih suka mengikuti kata hati. Mereka percaya akan takdir yang telah tertulis dan berusaha mengikutinya. Mereka percaya dengan kepala yang jernih akan kekuatan spiritual yang membimbing hidup tiap manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.