Sukses

8 Tanda Anda Orang yang Terlalu Jujur

Kejujuran memang baik, tetapi tak jarang orang yang terlalu jujur harus menghadapi kesulitan-kesulitan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Kejujuran memang baik, tetapi tak jarang orang yang terlalu jujur harus menghadapi kesulitan-kesulitan tersendiri, terutama saat bersosialisasi. Apakah Anda orang yang terlalu jujur? Yuk, ketahui dari 10 tanda orang terlalu jujur seperti dikutip dari Metro.co.uk, Minggu (3/1/2016) berikut ini.

1. Anda takut ketika orang meminta opini jujur soal pakaian yang baru saja mereka beli.
Anda tahu pakaian itu mahal, tetapi Anda tak mampu berbohong bila pakaian itu memang tidak bagus. Jika Anda mengungkapkan opini jujur Anda, orang sering merasa kesal kepada Anda.

2. Ibu Anda selalu tahu Anda berbohong.
Saking jujurnya, Anda sangat mudah diketahui bila sedang berbohong. Apalagi jika Anda berbohong kepada ibu Anda yang sangat tahu bagaimana membaca ekspresi anaknya.

3. Banyak orang meminta saran Anda.
Sebab, mereka tahu akan mendengar saran yang jujur dari Anda, meskipun itu menyakitkan.

4. Hubungan Anda mungkin diwarnai pertengkaran karena pendapat Anda.
Kejujuran dalam sebuah hubungan memang penting. Namun, untuk menjaga hubungan tetap langgeng, pasangan perlu menjaga perasaan satu sama lain. Namun, orang yang terlalu jujur mungkin akan kesulitan melakukan ini.

5. Anda sulit menemukan alasan sopan membatalkan rencana.
Untuk membatalkan sebuah rencana, orang sering mencari-cari alasan, yang mungkin terdengar mengada-mengada namun semata-mata demi menjaga perasaan teman yang mengajak. Namun, ini tidak akan terjadi pada orang yang terlalu jujur. Sebab, mereka akan mengatakan hal yang sesungguhnya dalam menolak rencana, misalnya, “Maaf, aku tidak suka pergi dengan teman lainnya yang kamu ajak.” Atau “Aku terlalu gendut malam ini untuk pergi keluar.”

6. Anda sulit memuji.
Jika tidak ada hal yang benar-benar mengesankan, Anda cenderung malas melontarkan pujian. Kalaupun Anda harus, hal itu akan terdengar palsu. Padahal pujian itu penting dalam bersosialisasi. Karena itu, mungkin Anda bisa berfokus terhadap sesuatu yang keren dari sebuah hal dan puji hal itu.

7. Anda sering merasa bersalah karena mengatakan kenyataan.
Karena tak bisa menutup-nutupi kebenaran, Anda akan blak-blakan mengungkapkan kenyataan. Meskipun Anda mungkin akan merasa bersalah jika dampak yang dihasilkannya cukup buruk.

8. Anda mampu membuat orang lain berpikir positif tentang dirinya.
Anda memang jarang memuji, tetapi bila ada sesuatu yang mengesankan, Anda akan memuju habis-habisan. Karena jarang dilakukan, itu akan terasa sangat spesial bagi orang yang Anda puji.*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini