Sukses

Rahasia Diet Sehat Tanpa Menyiksa Ala Dokter Spesialis Gizi di Surabaya

Maria mengungkapkan, di tengah maraknya informasi diet yang bertebaran di media sosial

Liputan6.com, Surabaya Dokter spesialis gizi asal Surabaya Maria Angela membagikan rahasia diet yang sehat dan efektif serta tidak menyiksa. 

Menurutnya, dunia penuh dengan mitos dan teori tentang cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun seringkali terjebak dalam metode yang tidak hanya sulit diikuti tapi juga berpotensi merugikan kesehatan jangka panjang. 

“Untuk maintenance berat badan, kita mau makan dua sampai tiga kali sehari masih boleh, tetapi jangan sampai makan satu kali sehari dengan 1000 kalori per harinya, karena akan menurunkan berat badan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh," tutur Maria, Sabtu (30/3/2024). 

Maria mengungkapkan, di tengah maraknya informasi diet yang bertebaran di media sosial, pendekatan makan yang seimbang dan berkelanjutan ternyata masih menjadi kunci diet yang efektif dan aman. 

Maria mengatakan, seringkali orang beranggapan bahwa untuk mencapai berat badan ideal, mereka harus mengambil langkah ekstrem, dengan mengurangi jumlah makan secara drastis atau berolahraga secara intensif. 

"Namun kenyataannya menjaga asupan gizi yang seimbang dan menjalankan pola hidup yang teratur jauh lebih penting," kata Maria. 

Maria menyebut, untuk mempertahankan berat badan yang ideal, tidak menjadi masalah untuk tetap makan dua sampai tiga kali sehari, asalkan asupan gizinya seimbang. 

"Sangat tidak disarankan untuk membatasi diri hingga di bawah ambang kalori harian minimum, misalnya hanya makan sekali dengan total kalori di bawah 1000, karena dapat berakibat buruk pada metabolisme tubuh," ucapnya. 

Maria menyarankan agar pola makan yang seimbang tidak hanya dilakukan selama program diet berlangsung, melainkan harus menjadi bagian dari kebiasaan makan jangka panjang. 

"Menjaga berat badan tetap ideal penting untuk mencegah risiko kesehatan seperti fatty liver, hipertensi, dan diabetes," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meal Blend

Selain itu, Maria juga menegaskan pentingnya protein nabati dan serat dalam diet sehari-hari. 

“Harus tetap seimbang, semuanya di konsumsi karbohidrat, protein, lemak, kalau bisa lemak yang cukup sehat, serat juga tetap harus," tuturnya. 

Dalam menjaga berat badan, kata Maria, penting untuk mendapatkan asupan protein yang lebih banyak daripada karbohidrat. Salah satu alternatif sumber protein nabati yang baik adalah pea protein. 

"Pea protein tidak hanya membantu dalam mempertahankan massa otot tetapi juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga penting dalam menjaga kesehatan pencernaan," katanya. 

Maria menjelaskan, chia seed yang kaya akan serat dan Omega-3 merupakan salah satu superfood yang dapat membantu dalam program diet. Selain baik untuk pencernaan juga berfungsi mendukung kesehatan jantung dengan menjaga kadar kolesterol dalam darah

Sebagai solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tanpa mengorbankan rasa atau kenyamanan, Spencer's MealBlend menawarkan alternatif yang kaya akan pea protein dan chia seed sebagai salah satu bahan baku utama.

“Chia seed adalah salah satu sumber makanan Superfood. Memang manfaatnya banyak, karena dia sumber serat. Seratnya ada dua macam ada yang soluble dan insoluble kandungan proteinnya cukup tinggi, terus dia ada kandungan omega tiga," ucapnya. 

Produk ini dirancang untuk mereka yang mencari cara efektif dan praktis dalam menjaga keseimbangan gizi, terutama selama berdiet. 

Dengan kombinasi bahan-bahan superfood dan pemanis alami dari Stevia, Spencer’s mealblend tidak mengandung gula untuk memberikan rasa manis. Spencer’s MealBlend menggunakan stevia sebagai pemanis alami yang rendah kalori.

“Alternatif pengganti gula, salah satu yang bisa dipertimbangkan sebenarnya adalah stevia, karena dari sumber alami dari tumbuh-tumbuhan," ujar Maria. 

Spencer's MealBlend berkomitmen untuk mendukung gaya hidup sehat dan diet yang seimbang. Untuk lebih lanjut tentang bagaimana Spencer's MealBlend dapat menjadi bagian dari rencana diet sehat Anda, kunjungi website resmi atau ikuti media sosial mereka di Instagram @spencersindonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini