Sukses

Serupa Tapi tak Sama, Ini 5 Nasi Ponggol Dari Berbagai Daerah

Selain di Tegal, nasi bungkus serupa nasi ponggol juga bisa ditemukan di daerah lain dengan nama yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi Ponggol adalah salah satu kuliner khas Tegal berupa nasi bungkus yang dilengkapi berbagai lauk pelegkap. Selain di Tegal, nasi bungkus serupa juga bisa ditemukan di daerah lain dengan nama yang berbeda.

Nasi bungkus memang tak pernah lepas dari kehidupan warga di berbagai daerah di Indonesia. Dengan berbagai lauk pelengkapnya, makanan yang satu ini sudah jadi menu sehari-hari dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain di Tegal, makanan serupa nasi ponggol juga bisa ditemukan di daerah lain dengan lauk dan nama yang berbeda. Yuk, tengok berbagai  lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Nasi Bungkus dari Berbagai Daerah

1. Nasi Krawu

Nasi bungkus yang satu ini bisa ditemukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Nasi Krawu biasanya dilengkapi dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan juga sambal terasi.

Semur daging dalam nasi krawu ada yang dihidangkan dalam bentuk potongan dan ada juga yang dihidangkan dalam bentuk suwiran. Nasi krawu ini semakin enak, karena dihidangkan diatas daun pisang.

2. Nasi Jamblang

Nasi jamblang biasanya disajikan dalam bungkusan daun jati. Nasi khas Cirebon ini biasanya dijual terpisah dengan lauknya.

Pilihan lauk nasi jamblang juga beragam, seperti tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, hingga paru goreng.

3. Nasi Kasreng

Nasi khas Kuningan merupakan nasi yang dibungkus dengan porsi kecil. Nasi yang satu ini disajikan dengan lauk pendamping seperti gorengan, sambal terasi yang pedas, lalapan toge, dan taburan rebon (udang kecil).

Sekarang lauk pendamping nasi kasreng sudah lebih beragam, ada ada pepes ati ampela, tumis jamur, sayur lodeh, pepes ikan, goreng ikan, dan masih banyak lagi.

4. Nasi Jinggo

Nasi bungkus dengan porsi kecil ini bisa ditemukan di Bali. Lauk pendampingnya juga beragam seperti sambal goreng, tempe, serundeng, ayam suwir, serta sambal.

Kini, ada juga penjual nasi jinggo yang mengganti nasi putih dengan nasi kuning. Sementara lauknya juga lebih bervariasi, yakni dengan tambahan daging sapi atau daging babi, mie goreng, hingga telur.

5. Nasi Kucing

Nasi kucing menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta yang biasanya dijual di gerobak-gerobak angkringan.

Biasanya nasi yang satu ini dibungkus daun pisang atau kertas nasi dan dilengkapi dengan lauk ikan teri, tempe yang dibumbui dan sedikit sambal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.