Sukses

Es Buto Ijo dan Es Pleret, Minuman Nikmat yang Dinanti Saat Ramadhan

Ada beberapa menu takjil khas Jawa Timur (Jatim), yang sangat nikmati disajikan di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Surabaya - Suasana berbuka puasa memang selalu dirindukan oleh umat Islam, saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Apalagi bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi, tepatnya di hari Sabtu, 2 April 2022 mendatang.

Ada beberapa menu kuliner khas Jawa Timur (Jatim), yang selalu hadir di bulan Ramadan. Seperti minuman segar yang melegakan dahaga setelah satu hari berpuasa, menu takjil yang selalu ditunggu-tunggu.

Es Buto Ijo

Es Buto Ijo mungkin sering ditemukan di banyak daerah dan sering dijadikan takjil berbuka di bulan Ramadan. Es ini, ternyata berasal Kediri Jawa Timur (Jatim).

Es Buto Ijo terbuat dari campuran serutan kelapa muda, selasih, mutiara, rumput laut, kolang-kaling, dan kacang hijau. Isian ini kemudian ditambahkan sirup melon, susu kental manis dan es serut.

Es Pleret

Es Pleret merupakan minuman khas Blitar Jatim di bulan Ramadan. Nama pleret didapat dari cara pembuatannya. Pleret terbuat dari tepung beras dan tepung kanji, yang dibulatkan dan kemudian dipleret atau ditekan di papan bambu.

Es Pleret biasa disajikan bersama santan, gula merah dan es batu. Es ini memiliki cita rasa gurih, manis dan menyegarkan. Nikmat bukan..

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dawet Ayu Rumput Laut

Minuman khas Kediri Jatim ini, biasanya hadir di salah satu takjil berbuka puasa di bulan Ramadan. Dawet mungkin sudah menjadi minuman tradisional, khususnya di Pulau Jawa.

Sebelum dikonsumsi, rumput laut yang direndam selama 30- 60 menit, direbus sampai mengental. Larutan rumput laut yang telah dingin dituang melalui corong di atas es batu. Sangat nikmat ketika dicampur sirup gula jawa, santan dan dawet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.