Sukses

Pemkab Pasuruan Alokasikan Rp8 M untuk Pasang Lampu Jalan di 24 Kecamatan

Dengan jalan yang terang maka angka kriminalitas dan angka kecelakaan bisa ditekan.

Liputan6.com, Pasuruan - Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengalokasikan anggaran sebesar Rp8 miliar untuk membeli lampu penerangan jalan umum. Anggaran sebesar itu nantinya akan digunakan untuk membeli lampu penerangan jalan umum di 24 kecamatan yang berada di penjuru di kabupaten berjuluk Kota Santri itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Agus Hari Wibawa menjelaskan bahwa hingga saat ini memang masih banyak wilayah yang belum mendapatkan lampu jalan di Kabupaten Pasuruan. Akibatnya jalan-jalan tersebut menjadi gelap sehingga rawan terjadi tindakan kriminal. 

“Kami akan menyebar lampu penerangan jalan umum ini di titik-titik yang memang dibutuhkan. Khususnya jalanan Kabupaten Pasuruan yang menghubungkan antar desa," kata Agus, Senin (28/3/2022). 

Agus mennyebutkan salah satun ruas jalan yang bakal dipasangi lampu penerangan jalan umum adalah Jalan Kalirejo-Kenduruan, Kecamatan Sukorejo. Ruas jalan setempat, perlu penambahan lampu jalan karena kondisinya memang sangat gelap saat malam hari. 

"Selain untuk menekan angka kriminalitas, jika jalanan terang juga bisa menekan angka kecelakaan," sebutnya. 

Tak hanya di ruas Jalan Kalirejo-Kenduruan saja, Agus juga menyebutkan hal serupa akan dilakukan di 64 lokasi yang berada di 24 kecamatan berbeda di Kabupaten Pasuruan. Anggaran sebesar Rp8 miliar itu nantinya akan digunakan untuk instalasi lampu penerangan jalan umum, mulai dari tiang hingga lampunya. 

"Anggarannya dialokasikan berbeda. Ada yang Rp 84 juta. Sampai Rp 285 juta. Tergantung banyaknya lampu PJU yang akan disebar di lokasi tersebut," imbuhnya. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.