Sukses

Hobi Belanja Online? Kenali Risikonya, Yuk!

Semua memang terasa lebih mudah. Namun semakin mudah, semakin besar juga risikonya. Penipuan bisa saja terjadi, bahkan yang terburuk adalah bocornya data-data pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Meski praktis, belanja online bisa jadi berbahaya, lho. Cukup banyak risiko mungkin terjadi, termasuk soal keamanan data dan bahkan penipuan. Yuk, kenali beberapa bahaya belanja online.

Belanja online memang menyenangkan buat banyak orang. Selain mudah dan praktis, biasanya ada banyak program diskon dan promo menarik yang ditawarkan oleh e-commerce. 

Sistem pembayarannya juga mudah, bisa dilakukan melalui atm, mobile banking, sampai lewat minimarket. Bahkan, belakangan kamu bisa belanja sekarang dan bayar bulan depan dengan cicilan.

Semua memang terasa lebih mudah. Namun semakin mudah, semakin besar juga risikonya. Penipuan bisa saja terjadi, bahkan yang terburuk adalah keamanan data.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Risiko Belanja Online

1. Penipuan online

Penipuan online merupakan kejahatan cyber yang dapat merugikan konsumen dengan berbagai cara. Ada banyak jenis penipuan online, seperti phising, scam, dan produk palsu. 

Para penipu ini dapat membuat website yang mirip dengan website resmi dan mencuri informasi kartu kredit atau data pribadi pengguna.

2. Keamanan data yang buruk

Sistem keamanan website yang lemah atau kurang terjaga bisa menyebabkan informasi pribadi dan data finansial konsumen dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Kesalahan pengiriman

Kadang-kadang produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan atau produk yang dikirimkan rusak. Hal ini dapat membuat konsumen merasa kecewa dan sulit untuk melakukan pengembalian barang.

4. Masalah kualitas produk

Ada kemungkinan bahwa produk yang dijual online tidak sesuai dengan deskripsi atau gambar yang ditampilkan. Kualitas produk dapat mengecewakan dan membuat konsumen merasa tidak puas dengan pembelian mereka.

5. Ketidaknyamanan saat berbelanja

Meskipun belanja online dapat menghemat waktu dan tenaga, tidak semua orang merasa nyaman saat berbelanja online. Beberapa orang merasa lebih nyaman berbelanja di toko fisik karena mereka dapat melihat dan mencoba produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Itu dia beberapa risiko yang mungkin terjadi saat kamu sedang belanja online. Rsiko-risiko tersebut dapat diperkecil dengan memilih toko online yang terpercaya, membaca kebijakan pengembalian barang, dan menggunakan metode pembayaran yang aman. 

Selain itu, kamu juga dapat melakukan riset dan membaca ulasan produk dari konsumen lain sebelum membeli produk secara online.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.