Sukses

Daftar Tempat Wisata Seru di Pekalongan, Ada Tempat Makan Duren, Lho!

Ada beragam pilihan tempat wisata di Pekalongan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari museum hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan hijau dan udara yang sejuk, atau bahkan wisata pantai.

Liputan6.com, Jakarta - Pekalongan memang dikenal sebagai Kota Batik. Tapi selain itu, kota yang satu ini juga punya banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi. Yuk intip beberapa tempat wisata di Pekalongan.

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang ada di jalur pantura, dan berbatasan langsung dengan kota tujuan wisata lainnya, seperti Dieng, Brebes, Wonosobo, dan Batang.

Ada beragam pilihan tempat wisata di Pekalongan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari museum hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan hijau dan udara yang sejuk, atau bahkan wisata pantai. Selain itu, daerah yang satu ini juga menawarkan tempat wisata budaya yang tak kalah menariknya.

Jadi, tak perlu khawatir kekurangan tempat wisata seru di Pekalongan. Terlebih, kota yang satu ini juga menyimpan segudang kuliner yang bisa memikat mata dan lidah, hingga dapat melengkapi paket wisata di Pekalongan nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Tempat Wisata Seru di Pekalongan

Sebagai salah satu daerah di pantura dan memiliki akses yang cukup mudah, tentu saja Pekalongan menawarkan berbagai macam tempat wisata pantai. Tapi ada juga tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi, termasuk desa wisata dan agrowisata kebun teh.

Nah, berikut adalah tempat-tempat wisata di Pekalongan yang bisa masuk dalam itinerary kamu.

1. Pantai Wonokerto

Pantai yang satu ini masih cukup bersih dan ditata dengan rapi, hingga pemandangannya dapat memanjakan mata. Di sekeliling pantai, tumbuh pohon cemara yang dapat melindungi kamu dari teriknya sinar matahari kota Pekalongan.

Kamu juga bisa bermain air di tepi pantai, karena ombaknya yang kecil. Bahkan jika beruntung kamu bisa mendapatkan sunset yang indah sembari menikmati air laut. Atau pilihan lainnya adalah, datang pagi-pagi untuk mendapatkan langit kemerahan saat matahari terbit.

2. Desa Wisata Lolong

Pecinta durian? Jangan lupa mampir ke tempat yang satu ini, desa yang terkenal dengan durian kualitas unggulan, Desa Wisata Lolong.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati durian premium sepuasnya. Selain itu, kamu juga bisa berpetualang dengan menggunakan river tubbing di Sungai Sengkarang. Menarik kan?  

3. Black Canyon

Jika Jawa Barat punya Green Canyon di Pangandaran, Jawa Tengah punya Black Canyon di Pekalongan. Jaraknya sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat kota, namun perjalanan yang cukup lama itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang disuguhkan.

Black Canyon merupakan bagian dari pesona Sungai Welo. Sungai berarus deras ini juga kerap digunakan untuk river tubing dan body rafting. Dengan pemandangannya yang menawan dan udara sejuk, tentu saja Black Canyon bisa dijadikan tempat wisata pilihan saat ke Pekalongan.

4. Mangrove Park

Jika terlalu malas untuk pergi ke tempat-tempat jauh, kamu bisa memilih mangrove park. Di tempat ini, kamu bisa jalan-jalan sembari belajar betapa pentingnya hutan bakau.

Pekalongan menjadi salah satu daerah yang mengandalkan mangrove sebagai tempat wisata. Sebelum dijadikan tempat wisata, mangrove park adalah tambak udang yang dikelola oleh dinas pertanian kota.

 

 

 

5.Masjid Agung Al-Jami

Masjid yang satu ini merupakan peninggalan sejarah yang juga menjadi simbol islami warga Pekalongan. Masjid Agung Al-Jami dibangun pada tahun 1852M oleh Raden Arjo Wirijo Tumenggung Adinegoro. Masjid kemudian direnovasi pada 1933 M.

Arsitektur masjid ini cukup unik, yaitu perpaduan Jawa-Arab, dengan kubah berbentuk joglo.

Masjid Agung Al-Jami bisa menjadi pilihan, terutama buat kamu yang malas untuk wisata alam yang jaraknya lumayan jauh dari pusat kota.

6. Museum Batik Pekalongan

Saat berada di Pekalongan, pastikan untuk berkunjung ke museum batik. Di tempat ini, kamu bisa mengenal berbagai batik khas Pekalongan.

7. Kawasan Budaya Jetayu

Tertarik dengan kota tua? Pastikan untuk berkunjung ke Kawasan Budaya Jetayu, di mana kamu dapat melihat banyak bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang masih terawat dengan baik.

Kawasan Budaya Jetayu ini dibagi dalam tiga ring. Pertama, kamu akan enemukan bangunan peninggalan Belanda seperti kantor pos, rumah dinas pejabat Belanda, gereja, jembatan, klenteng dan pabrik.

Di ring kedua, kamu dapat melihat kegiatan seni seperti seni pertunjukan daerah yang biasanya tampil di alun-alun.

Sementara ring ketiga, kamu akan menemukan berbagai pusat kegiatan masyarakat. Seperti sekolah, kantor, tempat usaha, hingga tempat anak muda berkumpul.

8. Kampung Batik Kauman

Sebagai Kota Batik, tentu saja Pekalongan memiliki kampung batiknya sendiri, namanya Kampung Batik Kauman. Di kawasan ini, kamu bisa mengenal batik Nusantara lebih dekat lagi.

Kampung ini tak hanya sekadar hunian para perajin batik Pekalongan, melainkan ada banyak pernak pernik bernuansa batik yang bisa kamu temukan di sini. Termasuk dekorasinya.

Nah itu dia beberapa tempat wisata seru di Pekalongan yang bisa kamu masukkan dalam agenda. Pastikan untuk mengunjungi salah satunya, ya!

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.