Sukses

Selain Titanic, 5 Film James Cameron ini Wajib Kamu Tonton

Sebagai salah satu sutradara papan atas, sepak terjang James Cameron di dunia perfilman Hollywood memang tak perlu diragukan lagi. Banyak judul dari karya sutradara asal Kanada itu tembus box office dalam waktu singkat.

Liputan6.com, Jakarta - Titanic baru saja dirilis ulang di bioskop. Film tersebut merupakan salah satu dari mahakarya sutradara bernilai miliaran dolar, James Cameron. Selain Titanic, apa kamu sudah nonton film-film seru Cameron lainnya?

Sebagai salah satu sutradara papan atas, sepak terjang James Cameron di dunia perfilman Hollywood memang tak perlu diragukan lagi. Banyak judul dari karya sutradara asal Kanada itu tembus box office dalam waktu singkat.

Meski produksi film karya James Cameron dikenal selalu berbudget mahal dan selalu menghabiskan waktu produksi yang lama, namun para penggemar selalu menantikannya. Sebut saja salah satu film terbarunya, Avatar: The Way of Water.

Butuh waktu selama 13 tahun untuk merilis film keduanya, setelah film pertamanya, Avatar yang dirilis pada 2009 lalu. Dan seperti sudah diperkirakan, film tersebut sama-sama menembus box office dalam waktu singkat. Bahkan, melansir The Guardian, Avatar: The Way of Water merupakan film keenam tercepat yang menghasilkan 1 miliar USD, hanya dalam waktu tiga minggu penayangannya.

Selain kedua film tersebut, masih banyak karya-karya James Cameron yang tetap menarik untuk ditonton, meski sudah diproduksi puluhan tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Film James Cameron

Berkat kemampuannya, James Cameron memang layak masuk dalam jajaran sutradara berpengaruh di Hollywood.

Tak hanya menghasilkan berbagai film fiksi ilmiah berbudget fantastis, James Cameron juga kerap memasukkan berbagai kritik terhadap lingkungan dalam film-filmnya.

Nah, buat yang penasaran dengan karya-karyanya, berikut adalah lima film James Cameron yang wajib kamu tonton.

1. Avatar

Sebagai film terlaris sepanjang masa, sudah pasti Avatar wajib masuk dalam daftar tontonan. Film berdurasi 2 jam 42 menit ini selalu menarik ditonton, meski sudah lama dirilis.

Avatar mengisahkan kehidupan manusia di masa depan yang mengalami krisis energi, di mana mereka harus mencari sumber energi baru dengan mendatangi planet bernama Pandora. Planet tersebut ditempati oleh penduduk asli yang disebut suku Na’Vi.

Meski memiliki sumber energi yang besar, namun udara Pandora beracun untuk manusia. Hingga seorang ilmuan, Dr Grace (Sigourney Weaver) menggunakan media tubuh Na’Vi dan manusia yang disebut Avatar.

Salah satu operator untuk Avatar adalah seorang mantan marinir yang mengalami kelumpuhan, Jake Sully (Sam Worthington). Dia menggantikan posisi mendiang saudara kembarnya untuk melakukan tugas di Pandora.

Saat menjalani tugasnya, Jake mengalami insiden dan diselamatkan oleh seorang wanita suku asli, bernama Naytiri. Sejak perkenalan itu, Jake dapat melihat Pandora dan suku Na’Vi yang sesungguhnya.

2. The Terminator

Film James Cameron yang satu ini dirilis pada 1984 lalu, dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. Ini menjadi salah satu film ikonik dari  aktor veteran Holyywood tersebut, di mana dirinya memerankan robot pembunuh.

The Terminator berfokus pada The Terminator yang dikirim dari tahun 2029 ke tahun 1984 untuk melakukan misi pembunuhan. Sebagai robot dari masa depan, dia juga dilengkapi dengan berbagai senjata canggih yang mematikan.

Tugasnya adalah memburu seorang perempuan bernama Sarah Connor (Linda Hamilton). Perburuan itu bukan tanpa alasan, karena di masa depan putra Sarah akan memimpin perlawanan terhadap sistem kecerdasan buatan yang bernama Skynet.

Sekuel film fiksi ilmiah yang satu ini dirilis pada 1991, dengan judul Terminator 2: Judgement Day.

3. Aliens

Cerita berpusat pada Ellen Ripley (Sigourney Weaver), satu-satunya orang yang selamat dalam tragedy Nostromo. Ripley ditemukan dan diselamatkan setelah melayang selama 57 tahun di luar angkasa.

Ripley masih tidak bisa melupakan tragedy yang menimpanya 57 tahun lalu. Apalagi di juga mengetahui anaknya telah meninggal dunia. Yang paling menyakitkan adalah, tidak ada orang yang mempercayai Ripley setelah menceritakan kronologis tragedi Nostromo.

Namun sebuah masalah terjadi, dan memaksa Ripley ikut bersama para marinir yang ditugaskan untuk berangkat ke planet LV-426. Namun seperti dugaan Ripley, ratusan makhluk dengan kepala lonjong, bergigi tajam, dan berdarah asam, telah menyerang planet tersebut.

Dan sekali lagi, Ripley harus berhadapan dengan Alien.

Aliens merupakan sekuel dari film karya Ridley Scott berjudul Alien yang dirilis pada tahun 1979. Film yang satu itu juga tidak kalah serunya dan bahkan berhasil membawa pulang piala Oscar sebagai Best Visual Effects di tahun 1980.

4. The Abyss

Tahun 1989, James Cameron kembali merilis film fiksi ilmiah berjudul The Abyss yang menceritakan perjalanan di kedalaman laut.

Cerita berpusat pada pasangan suami istri bernama Bud Brigman (Ed Harris) dan Lindesy Brigman (Mary Elizabeth Mastrantonio) yang ditugaskan melakukan perjalanan untuk menyelamatkan kapal selam yang membawa nuklir.

Senjata nuklir itu tenggelam bersama kapal selam di sebuah palung. Perjalanan yang dilakukan pasangan Brigman merupakan petualangan di samudera terdalam untuk mencari keberadaan kapal selam.

Namun dalam perjalanan itu, pasangan Brigman menemukan berbagai keajaiban di bawah laut, termasuk makhluk asing.  

5. True Lies

28 tahun lalu, James Cameron sempat menggarap film komedi berjudul True Lies yang diadaptasi dari film komedi Perancis La Totale di tahun 1991.

Menceritakan seorang agen rahasia Amerika Serikat bernama Harry Tasker (Arnold Schwarzenegger) yang ditugaskan untuk mencegah aksi teroris.

Di tengah misinya, Harry malah mengetahui istrinya berselingkuh. Jadi, selain menjalani tugas negaranya, Harry juga harus berusaha mempertahankan rumah tangganya.

Itu dia lima film James Cameron selain Titanic, yang masih menarik untuk ditonton dan sayang untuk dilewatkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.