Sukses

Peternak Blora Rame-Rame Bikin Jamu Tradisional Penangkal PMK, Apa Bahannya?

Para peternak di Blora meracik berbagai jenis rempah untuk dibuat jamu atau ramuan tradisional untuk meningkatkan imunitas ternak demi menangkal penularan PMK

Liputan6.com, Semarang - Beragam cara dilakukan untuk menanggulangi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. Paling populer adalah pengobatan dan vaksinasi ternak sehat.

Cara berbeda dilakukan oleh peternak di Blora. Mereka membuat jamu atau ramuan tradisional, yang berkhasiat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh hewan ternak, agar terhindar dari paparan PMK.

Mengutip laman resmi Pemprov Jateng, para peternak di Blora meracik berbagai jenis rempah seperti jahe, daun binahong, buah pace, dan lainnya, hingga menjadi jamu yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas sapi.

Inovasi racikan jamu untuk hewan ternak yang rentan terkena PMK tersebut, mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

“Karena kemarin vaksin PMK belum turun dan sapinya terpapar, maka warga berinovasi dengan mencoba membuat ramuan tradisional. Bahan bakunya ada jahe, daun binahong, pace, dan lainnya. Ramuan ini dibuat untuk menanggulangi PMK,” kata Gus Yasin, sapaan wagub, di sela tinjauan peternakan sapi di Kelurahan Jepangrejo Kecamatan Blora, Senin (27/6/2022).

Dia berharao inovasi ramuan tradisional yang mendapat dukungan dan dampingan dari Pemkab Blora tersebut, dapat ditularkan kepada peternak-peternak di Blora dan sekitarnya.

Selain prosesnya mudah, bahan baku mudah didapat, serta relatif aman dikonsumsi oleh hewan ternak, terutama sapi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gus Yasin Serahkan Vaksin

Dalam tinjauan itu, wagub didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng Agus Wariyanto, Bupati Blora Arief Rohman, dan pejabat terkait lainnya, melihat langsung kondisi sapi dan berdialog dengan peternak.

Dalam kesempatan tersebut, wagub juga menyerahkan secara simbolis boks berisi vaksin dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin PMK sapi, sebagai tanda dimulainya vaksinasi PMK di Blora.

Pemprov Jateng sudah mendistribusikan 75 ribu vaksin PMK ke 35 kabupaten dan kota se-Jateng, termasuk ke Kabupaten Blora sebanyak 11 ribu vaksin. Wilayah itu mendapatkan vaksin terbanyak dibanding daerah lain se-Jateng, karena kesiapan tenaga medis dan populasi sapi di Blora yang tinggi.

Seiring maraknya penularan PMK di berbagai daerah di Indonesia, wagub mengimbau kepada peternak yang akan menjual hewan ternak, untuk mengecek kondisi kesehatan hewannya.

Apabila mengalami gejala yang mengarah pada PMK, harus segera melapor ke petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat.

“Untuk lebih aman kita jaga bareng-bareng. Dan kalau ada yang mati jangan dibuang begitu saja karena ada aturannya, yaitu dikubur,” tandasnya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.