Sukses

Gempa Sukabumi Terasa sampai Jakarta dan Bekasi, Bagaimana di Kawasan Jateng ?

Gempa bumi yang terjadi di Sukabumi tak memberi efek terhadap area di sekitar Jawa Tengah.

Liputan6.com, Semarang - Gempa bermagnitudo 5,5 terjadi di daerah Sukabumi, pagi ini WIB. Pusat gempa berada di arah 113 kilometer tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

BMKG mencatat, gempa terjadi pada pukul 10.00 lebih 0,01 detik WIB, yang bisa dirasakan pada beberapa daerah di sekitar kota Sukabumi. Beberapa daerah yang tercatat merasakan efek magnitudo gempa Sukabumi antara Jakarta, Bekasi, Bandung Barat, Bayah, Panimbang, Pendeglang, Cilegon dan Tangerang Selatan.

Selain itu, daerah lain yang berstatus 'merasakan' adalah Garut, Cianjur, Lebak Selatan, Banjar, Cilegon dan Pelabuhan Ratu. Level magnitudo yang dirasakan daerah-daerah tersebut berkisat antara 2 - 4.

Lalu bagaimana dengan kondisi di Jawa Tengah (Jateng)?. BMKG mencatat, tak ada pergerakan apapun di Jateng. Hanya saja, BMKG memberikan warning terkait kondisi cuaca sepanjang hari ini.

Pada umumnya, seluruh daerah di Jateng akan mengalami hujan ringan, hujan sedang dan berawan. Hanya ada tiga daerah yang diprediksi akan mengalami hujan lebat, yakni Mungkid, Magelang dan Wonosobo.

Artinya, masyarakat Jateng diminta mewaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang di beberapa wilayah. Area tersebut antara lain pegunungan, Pesisir Selatan, sebagian Pantura, Jateng Timur dan Solo Raya, terutama pada siang/sore serta awal malam hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Saat Gempa

Bagi warga Jateng, di bawah ini beberapa tips sederhana jika suatu saat merasakan gempa bumi. Materi berasal dari BMKG, dan direkomendasikan khusus bagi kondisi yang 'sedang berada dalam gempa'.

A. Jika Anda berada di dalam bangunan. Lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dll; Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan;Lari ke luar apabila masih dapat dilakukan

B. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka. Menghindari dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon, dll. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah

C. Jika Anda sedang mengendarai mobil. Keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. Kemudian lakukan seperti apa yang tertera di poin B.

D. Jika Anda tinggal atau berada di pantai. Jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

E. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan. Apabila terjadi gempa bumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini