Sukses

[VIDEO] Pantau Jemaah Haji, Pasukan `Tepat` Keliling Mekkah

Dengan mengendarai sepeda, pasukan Tepat berkeliling Mekkah untuk membantu para dokter. Siapakah mereka?

Padatnya manusia dan kondisi gurun yang panas di Arab Saudi kerap membuat jemaah haji mudah jatuh sakit. Tapi kini para dokter yang menangani haji pun tidak perlu khawatir. Pasukan "Tepat" alias tenaga pengantar obat siap berkeliling dengan sepeda membantu para dokter.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (27/9/2013), puluhan sepeda terpakir rapi di depan Kantor Pelayanan Kesehatan Haji  Indonesia. Sejumlah petugas berpakaian biru pun sudah siap diatas sadel sepeda.

Tapi nanti dulu. Ini bukanlah lomba balap sepeda. Para pria yang dibekali tas ransel ini adalah pasukan tepat alias tenaga pengantar obat.

Sepeda memang menjadi alat tempur mereka. Dengan sepeda ini, pasukan "Tepat" siap mengantar obat ke sejumlah dokter yang membutuhkan di sekitar Masjidil Haram, Mekah.

Kehadiran pasukan tepat membuat para dokter tidak harus bolak-balik mengurus ketersedian obat sehingga bisa tetap fokus membantu mengobati jamaah haji yang membutuhkan perawatan kesehatan.

Setidaknya sekitar 3 juta umat Muslim akan berkumpul di Masjidil Haram, Mekkah, di musim haji tahun ini. Padatnya jumlah manusia di sekitar lokasi kabah serta cuaca panas di padang gurun tentu membuat jemaah mudah jatuh sakit.

Kehadiran pasukan "Tepat" tentu sangat membantu tak hanya para dokter, tetapi juga bagi para jemaah haji Indonesia. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.