Sukses

Keutamaan Sholat Witir Sebelum Tidur, Berikut Doa dan Waktu Terbaik Melaksanakannya

Sholat witir termasuk salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Sholat ini juga dianggap sebagai bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT. Berikut adalah keutamaan dan panduan pelaksanaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada umumnya sholat witir sering kita kerjakan pada saat bulan Ramadhan setelah sholat tarawih. Namun, ternyata sholat ini juga bisa dilakukan di luar bulan Ramadhan, seperti sebelum tidur.

Melaksanakan sholat witir sebelum tidur merupakan amalan yang memiliki keutamaan luar biasa. Sebab ibadah ini termasuk salah satu sholat sunnah yang sering dikerjakan oleh Rasulullah SAW.

Memang idealnya sholat witir dilakukan pada akhir malam sebagai penutup dari rangkaian ibadah sholat. Sebagaimana yang disampaikan Rasulullah dalam hadis berikut:

“Jadikanlah akhir sholat kalian semua di malam hari dengan dengan sholat witir”

Merangkum dari laman NU Online dan dream.co.id, berikut adalah keutamaan witir sebelum tidur, bacaan doa hingga waktu terbaik melaksanakannya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Witir sebelum Tidur

Sholat witir memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Berdasarkan hadis Riwayat Ahmad dan Ibn Khuzaimah, terdapat perbedaan keutamaan witir sebelum tidur dan sesudah tidur. 

Sholat witir sebelum tidur memiliki keutamaan lebih istimewa karena Rasulullah SAW lebih menekankan untuk melaksanakannya sebelum tidur. Namun, sholat witir sesudah tidur juga tetap dianjurkan dan memiliki keutamaan yang tidak kalah pentingnya.

Dalam melaksanakan sholat witir, sangat penting untuk mengikuti sunah Rasulullah SAW. Hal ini termasuk melaksanakannya sebelum tidur, melakukan witir dengan jumlah rakaat yang ganjil, dan membaca doa witir sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Orang yang melaksanakan sholat witir sesuai sunah Rasulullah akan diberi petunjuk dan kekuatan oleh Allah SWT. Dengan mengikuti sunah Rasulullah dalam melaksanakan sholat witir, seseorang akan mendapatkan keutamaan witir sebelum tidur yang besar dan juga mendapatkan petunjuk serta kekuatan dari Allah SWT.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keistimewaan sholat witir dan melaksanakannya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

3 dari 4 halaman

Wirid dan Doa setelah Sholat witir

1. Syahadat, Istighfar dan Permohonan ridha dan surga Allah 

 3x أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ ، أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ  

Asyhadu an lā ilāha illallāh. Astaghfirullāh. Allāhumma innī as’aluka ridhāka wal jannah, wa a‘ūdzu bika min sakhathika wan nār. 3x

2.  Tasbih dan Pujian Kesucian 

 3× سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ    سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ  

Subhānal malikil quddūs 3xSubbūhun, quddūsun, rabbunā wa rabbul malā’ikati war rūh.    

3. Pujian ampunan dan kasih-sayang Allah, Permohonan ampunan dan keselamatan

 3x  اللَّهُمَّ إنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي   يَا كَرِيْمُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ   اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك  

Allāhumma innaka ‘afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘annī. 3xYā karīmu, bi rahmatika yā arhamar rāhimīna.   Allāhumma inī a‘ūdzu bi ridhāka min sakhathika, wa bi mu‘āfātika min ‘uqūbatika. Wa a‘ūdzu bika minka, lā uhshī tsanā’an alayka anta kamā atsnayta ‘alā nafsika.    

4. Doa sholat witir

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

Artinya, "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”   

5. Surah Al-Fatihah. 

4 dari 4 halaman

Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Witir

Keutamaan witir sebelum tidur berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah, bahwa Rasulullah SAW biasa melakukan sholat witir pada akhir malam sebelum tidur. 

Para ulama juga menekankan pentingnya melaksanakan shalat witir sebelum tidur sebagai bentuk ibadah yang sangat dianjurkan. Keutamaan sholat witir sangatlah besar, karena Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Allah SWT mencintai orang yang melakukan sholat witir.

Waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat witir adalah setelah sholat Isya hingga sebelum waktu subuh tiba. Namun, bagi individu yang memiliki keyakinan dan kemampuan tersendiri, dapat melaksanakan sholat witir pada saat yang lebih memungkinkan bagi mereka, seperti sebelum tidur atau sebelum akhir malam.

Sehingga, keutaamaan witir sebelum tidur sangatlah istimewa dan merupakan anjuran berdasarkan hadis Rasulullah SAW. Namun demikian, dalam melaksanakan ibadah ini tetap harus disesuaikan dengan keyakinan dan kemampuan masing-masing individu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.