Sukses

Mulai Malam Ini jika Susah Tidur karena Gelisah Coba Amalkan Doa Rasulullah

Alkisah, Zaid bin Tsabit mengadu kepada Rasulullah SAW pada suatu malam. Dirinya bercerita bahwa semalaman tidak bisa tidur

Liputan6.com, Jakarta - Barangkali kita sering mengalami gelisah sehingga susah tidur. Pikiran yang tidak karuan itu tanpa disadari terus berlangsung hingga larut malam bahkan dini hari. 

Jika dibiarkan secara terus-menurus maka kondisi ini dapat mengganggu kesehatan. Sehingga, perlu ikhtiar dengan membaca doa susah tidur.

Seperti dikisahkan oleh Zaid bin Tsabit yang mengadu kepada Rasulullah SAW pada suatu malam. Dirinya bercerita bahwa semalaman tidak bisa tidur.

Zaid hanya tergolek di pembaringan dalam keadaan belum tidur. Pikiran dan batinnya mengembara kian kemari. 

Rasulullah SAW kemudian mengajarinya doa yang dapat mengatasi kesulitan tidur karena gelisah. Inilah bacaan doanya.

 

Saksika Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Mengatasi Kesulitan Tidur

Dikutip dari laman NU Online Lampung, berikut adalah bacaan doa untuk mengatasi rasa gelisah sebelum tidur.

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ

لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah "tenggelam", dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Zaid pun mengikuti anjuran Rasulullah. “Alhamdulillah, Allah hilangkan kegelisahan yang kuhadapi jelang istirahat di tempat tidur,” kata Zaid.

Doa tersebut dicantumkan Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. Semoga doa tersebut dapat membantu siapa saja yang sedang mengalami susah tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.