Sukses

Ya'juj dan Ma'juj Muncul Jelang Kiamat, Benarkah Keluar di Israel?

Kini Ya'juj dan Ma'juj masih dibelenggu atau dikurung dalam kurungan yang dibangun oleh Dzulqarnain. Menjelang kiamat, tembok kokoh itu akan terbuka dan Ya'juj Ma'juj keluar membuat keonaran

Liputan6.com, Jakarta - Ya'juj dan Ma'juj disebut dengan jelas dalam Al-Qur'an dan hadis, yang sebagiannya dikaitkan sebagai tanda kiamat. Makhluk ini diriwayatkan akan berbuat onar dan kerusakan di muka bumi.

Salah satu hadis sahih yang berkaitan dengan kiamat (as-sāʽah) yang pasti dan menyebut Ya'juj dan Ma'juj adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahihnya dan juga diriwayatkan oleh beberapa perawi hadis serta diakui oleh para ulama adalah hadis berikut.

Artinya: “Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Kini Ya'juj dan Ma'juj masih dibelenggu atau dikurung dalam kurungan yang dibangun oleh Dzulqarnain. Menjelang kiamat, tembok kokoh itu akan terbuka dan Ya'juj Ma'juj keluar membuat keonaran.

Banyak yang bertanya, di mana Ya'juj dan Ma'juj akan keluar. Salah satu pendapat adalah Israel.

Hal ini tak lepas dari adanya hadis yang menyebut Danau Thabariyah yang diriwayatkan akan disedot habis oleh pasukan Ya'juj dan Ma'juj. Kini danau yang juga disebut Danau Tiberias ini dikuasai Israel.

Berikut ulasannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj

Dalam buku Fitnah dan Petaka Akhir Zaman oleh Abu Fatiah Al-Adnani sebagaimana dikutip Republika via kanal Islami Liputan6.com, sebagian ulama menyatakan saat ini kaum Ya’juj wa Ma’juj masih berada dalam kerangkeng besi.

Sepanjang waktu, keduanya berupaya keluar dan atas takdir-Nya, bakal muncul menjelang kiamat.

Jika janji Allah telah datang mereka kelak akan dikeluarkan. Dalil yang menunjukkan bahwa dinding ini masih ada dan belum hancur ialah yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad SAW yang bersabda:

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي السَّدِّ قَالَ( يَحْفِرُونَهُ كُلَّ يَوْمٍ ، حَتَّى إِذَا كَادُوا يَخْرِقُونَهُ قَالَ الَّذِي عَلَيْهِمْ : ارْجِعُوا فَسَتَخْرِقُونَهُ غَدًا ، فَيُعِيدُهُ اللَّهُ كَأَشَدِّ مَا كَانَ ، حَتَّى إِذَا بَلَغَ مُدَّتَهُمْ - وَأَرَادَ اللَّهُ أَنْ يَبْعَثَهُمْ عَلَى النَّاسِ - قَالَ الَّذِي عَلَيْهِمْ : ارْجِعُوا فَسَتَخْرِقُونَهُ غَدًا إِنْ شَاءَ اللَّهُ - وَاسْتَثْنَى - قَالَ : فَيَرْجِعُونَ فَيَجِدُونَهُ كَهَيْئَتِهِ حِينَ تَرَكُوهُ ، فَيَخْرِقُونَهُ فَيَخْرُجُونَ عَلَى النَّاسِ ، فَيَسْتَقُونَ الْمِيَاهَ وَيَفِرُّ النَّاسُ مِنْهُمْ

“Mereka menggalinya setiap hari, sehingga mereka hampir dapat merobohkannya maka berkatalah yang menjaganya kepada mereka, ‘Kembalilah, kami besok akan dapat melubanginya. ‘Lalu Allah mengembalikannya sekokoh semula, sehingga apabila telah sampai pada waktunya dan Allah berkehendak melepaskannya ke tengah-tengah manusia, maka berkatalah penjaga itu kepada mereka, ‘Kembalilah, besok kamu akan dapat melubanginya, jika Allah telah mengkehendaki,’ Lalu mereka kembali lagi, sedang dinding itu dalam keadaan seperti waktu mereka meninggalkannya dulu, lalu (Ya’juj dan Ma’juj) melubanginya dan keluar ke tengah-tengah manusia, lantas meminum air, dan orang-orang berlari dari mereka.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim dengan sanad sahih).

Lantas, di mana Ya'juj dan Ma'juj akan muncul?

3 dari 3 halaman

Keluar di Sekitar Danau Thabariyah, Israel

Hadis tersebut menunjukkan mereka saat ini sedang terus melubangi dinding, mereka terus bekerja hingga datangnya janji Allah. Jika saatnya tiba, dinding itu akan hancur dan keluarlah mereka.

Banyak pendapat para ulama dan sejarawan yang menyebutkan keberadaan mereka, ada yang menyebutnya di wilayah Azerbaijan. Ada pula yang mengatakan berada antara Samarkand dan India.

Namun, tidak ada satupun riwayat sahih yang menyebutkan keberadaannya secara pasti.

Namun, dalam buku Kiamat Sudah Dekat? Oleh Dr Muhammad al-’Areifi terdapat hadis yang menjelaskan Ya’juj dan Ma’juj turun dari tempat yang tinggi.

عن النواس بن سمعان -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال: ...وَيَبْعَثُ اللَّهُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ ، فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا ، وَيَمُرُّ آخِرُهُمْ فَيَقُولُونَ لَقَدْ كَانَ بِهَذِهِ مَرَّةً مَاءٌ...

An-Nawwas ibn Sam’an RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah lalu mengirim Ya’juj dan Ma’juj. Mereka turun dengan cepat dari setiap tempat yang tinggi. Kelompok pertama dari mereka melintasi Danau Tiberias dan meminum seluruh airnya. Setelah itu, kelompok terakhir mereka juga melintasi danau itu seraya berkata “Dulu, pernah ada air di lembah ini.” (HR Muslim).

Dalam hadis ini, Ya'juj dan Ma'juj akan muncul di dekat danau Thabariyah atau Tiberias. Penyebutan lainnya adalah laut Galiela atau Galilee, sebuah danau di wilayah utara Palestina yang kini dikuasai Israel. Wallahua'lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.