Sukses

Gus Baha Disebut Tidak Pernah Wiridan Setelah Sholat, Faktanya Seperti Ini

Gus Baha sering dianggap tidak pernah wiridan setelah sholat, namun dibalik itu ternyata ada cara tersendiri untuk mengingat Allah. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak berprasangka, mengira KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha tidak suka wiridan. Pasalnya, mereka melihat Gus Baha jarang berdzikir usai sholat.

Gus Baha mengaku memiliki cara tersendiri untuk ingat Allah.

Bahkan istri Gus Baha juga sempat protes karena menyaksikan jarangnya Gus Baha wiridan usia sholat wajib.

"Istri saya sempat protes, Gus kok bar sholat ra tau nyekel tasbeh wiridan," kata Gus Baha menirukan istrinya seperti dalam unggahan kanal Youtube @Adnan_nawawi99.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gus Baha Punya Cara Tersendiri Ingat Allah

"Saya termasuk orang yang fanatik baca wiridan sebelum tidur. Jadi jangan kira kalau setelah saya sholat jarang wiridan, gak punya wiridan di tempat lain," ujar Gus Baha dalam sebuah pengajian.

Dengan bercanda, Gus baha mengatakan, anggapan tidak pernah wiridan, bagi Gus Baha itu sebuah ungkapan yang menyakitkan bagi dirinya.

"Itu sangat suudzon yang menyakiti, saya punya cara sendiri untuk ingat Allah, itu terutama mau tidur," katanya diringi tawa renyah murid KH Maimoen Zubair ini.

"Sampai istri saya itu protes. Gus nak bar sholat tidak mau nyekel tasbih," ujarnya

Sebenarnya wiridan yang dilakukan Gus Baha itu dilakukan sebelum tidur, jumlah alat penghitung wiridan berbentuk tasbih pun jumlahnya tak terhitung, semua ada di kamar tidurnya.

3 dari 3 halaman

Saking Takutnya sama Allah ini yang Dilakukan Gus Baha

Gus baha tidak peduli, apa yang diungkapkan tersebutkan sebagai pamer ibadah ataupun ijazah.

"Saya punya tasbih lupa jumlahnya, semuanya di kamar tidur. Ini sekaligus ijazah entah pamer kebaikan gak tahu saya pokoknya. Sudahlah khusnudzon saja suudzon itu iblis," ujarnya.

Apa yang melandasi Gus Baha melaksanakan wiridnya sebelum tidur? Ternyata Gus Baha betul-betul takut, jika tahu-tahu ketemu malaikat Munkar Nakir. Tak hanya itu, ia juga sangat takut sama Allah.

"Karena mau tidur saya pikir kalau tahu-tahu saya bangun terus ketemu Mungkar Nakir, terus kayak apa," kata Gus Baha.

Tak jarang saking takutnya sama Allah, Gus Baha melakukan wiridan sampai tertidur, bahkan hingga pagi hari, sampai-sampai ia hanya tidur 30 menit sebelum sholat subuh.

"Saat wirid tak baca sampai tidur. Saking takutnya sama Allah akhirnya enggak bisa tidur, kadang sampai setengah empat, tidur baru setengah jam terus subuh," terangnya.

Dengan bercanda, lantaran jarang tidur tersebut ia dengan guyon mengungkapkan, melihat tren itu sepertinya dirinya bakat jadi wali.

"Kayaknya saya bakat Wali itu kalau trennya seperti itu terus, tapi sayangnya tren seperti itu jarang, hahaha," ujar Gus Baha.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.