Sukses

5 Manfaat Puasa Syawal yang Perlu Diketahui

Berikut ini manfaat puasa Syawal yang perlu diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan, saat yang membekas dalam jiwa seorang Muslim, sering meninggalkan rasa sedih saat akan berakhir. Kenikmatan ibadah di bulan suci itu adalah anugerah besar dari Allah subhanahu wata'ala, terutama puasa yang menjadi ibadah paling istimewa di bulan tersebut.

Oleh karena itu, banyak dari umat Muslim yang memilih untuk melanjutkan puasa setelah Idul Fitri, yaitu dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Siapa saja yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun" (HR Muslim).

Melaksanakan puasa Syawal membawa manfaat besar, sebagaimana diungkapkan dalam hadits di atas. Imam Ibnu Rajab al-Hanbali menyoroti lima manfaat dari melaksanakan puasa sunnah di bulan Syawal:

1. Penyempurnaan Puasa Ramadhan

Puasa sunnah Syawal merupakan penyempurna puasa Ramadhan. Sebagaimana kita dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah rawatib untuk menyempurnakan shalat fardhu, demikian pula puasa sunnah Syawal dapat menyempurnakan puasa Ramadhan.

2. Pahala Setahun Puasa

Dijanjikannya pahala puasa setahun bagi siapa saja yang melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal adalah sebuah anugerah besar yang disebutkan dalam hadits Rasulullah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tanda Diterimanya Puasa Ramadhan

Melanjutkan puasa setelah Ramadhan sebagai puasa sunnah adalah tanda bahwa puasa Ramadhan kita telah diterima oleh Allah. Hal ini tercermin dalam prinsip bahwa Allah memberikan kesempatan untuk melakukan kebaikan setelah kita melakukan kebaikan sebelumnya.

4. Tanda Syukur kepada Allah

Melaksanakan puasa sunnah di bulan Syawal adalah wujud syukur kepada Allah atas anugerah yang diberikan selama bulan Ramadhan. Puasa di bulan Ramadhan membawa ampunan bagi pelakunya, dan dengan melaksanakan puasa sunnah Syawal, kita menunjukkan rasa syukur atas ampunan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

5. Pemeliharaan Kualitas Ibadah

Puasa Syawal adalah salah satu bentuk usaha untuk mempertahankan kualitas dan kuantitas ibadah setelah berakhirnya bulan Ramadhan. Dengan melakukan puasa sunnah Syawal, kita memelihara ibadah yang telah kita lakukan di bulan suci tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.