Sukses

Amalan-Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri dan Keutamaannya

Jangan lupa lakukan 5 kesunnahan ini sebelum sholat Idul Fitri

Liputan6.com, Jakarta - Amalan sunnah sebelum Sholat Idul Fitri merupakan serangkaian tindakan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

Melaksanakan amalan sunnah ini memiliki beberapa tujuan dan makna yang penting bagi umat Islam.

Pertama, melaksanakan sunnah-sunnah tersebut adalah bentuk pengamalan ajaran Rasulullah SAW. Nabi Muhammad merupakan contoh teladan bagi umat Islam dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam hal ibadah.

Dengan melaksanakan amalan sunnah sebelum Sholat Idul Fitri, umat Islam mengikuti jejak Rasulullah dengan harapan memperoleh keberkahan serta rahmat dari Allah SWT.

Kedua, amalan sunnah sebelum Sholat Idul Fitri membantu memperkuat dan memperindah ibadah tersebut.

Dengan melakukan persiapan yang sesuai dan mengikuti sunnah-sunnah ini, umat Islam merasa lebih siap secara fisik dan spiritual untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri dengan penuh khusyuk dan kegembiraan.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disunnahkan, Mandi dan Potong Kuku

Dengan melaksanakan sunnah-sunnah sebelum Sholat Idul Fitri merupakan bentuk peningkatan kebersamaan dan persaudaraan dalam umat Islam.

Sebagai momen yang dijadikan sebagai perayaan bersama umat Islam, mematuhi sunnah-sunnah tersebut juga menciptakan ikatan sosial yang erat antara sesama muslim.

Mengutip islami.co, bagi yang ingin melaksanakan Sholat Idul Fitri, jangan lupa melakukan lima kesunnahan ini sebelum mengerjakan Sholat Idul Fitri. Lima kesunnahan itu sebagai berikut:

Pertama, disunnahkan mandi sebelum Sholat Idul Fitri. Ulama beda pendapat terkait kapan waktu terbaik mandi di hari Idul Fitri, ada yang mengatakan setelah Sholat shubuh dan ada yang menganjurkan pertengahan malam. Terlepas dari perdebatan ini, yang penting kita usahakan mandi sebelum Sholat Idul Fitri di masjid.

Kedua, disunahkan memotong rambut dan kuku, menghilangkan bau badan, serta memakai wangi-wangian. Usahakan pada saat Sholat tubuh dalam kondisi segar dan wangi. Sebuah hadis riwayat Ali bin Abu Thalib menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menyuruh untuk menggunakan wangi-wangian yang paling bagus dari yang kita temui atau miliki pada hari Id.

 

3 dari 3 halaman

Pakailah Pakaian Bagus, Tidak Harus Baru

Ketiga, memakai pakaian bagus saat Sholat Idul Fitri. Rasulullah menganjurkan Sholat id dengan baju yang bagus – tidak harus baru. Dikisahkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Al-Bukhari, bahwa Nabi Muhammad memerintahkan Umar bin Khattab untuk mengenakan pakaian terbaik di hari raya, namun dilarang menggunakan pakaian yang terbuat dari sutera

Keempat, disunnahkan makan sedikit sebelum Sholat Idul Fitri. Makanan yang disunahkan untuk dikonsumsi ketika itu adalah kurma sebanyak bilangan ganjil. Kalau tidak ada kurma, boleh diganti dengan makanan yang lain.

Kelima, sebelum Sholat Idul Fitri dianjurkan untuk takbiran sebagai syiar dan simbol hari raya Idul Fitri.

Itulah lima Amalan sunnah idul fitri yang bisa dilakukan sebelum Sholat Id di rumah.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.